Sabtu, 24 April 2021 - 15:38 WIB
Ilustrasi tata surya planet Mars. FOTO/ IST
NEW YORK - Usai para ilmuwan menemukan penghuni Planet Mars, membuat para ilmuwa berkeyakian, Planet Mars tak hanya dihuni mahkluk seperti laba-laba, namun juga Malaikat. Pasalnya Badan Antariksa Eropa (ESA) menangkap pemandangan yang tampak seperti sosok malaikat di dekat kutub selatan di Mars,

Seperti dilansir dari CNet pemandangan tersebut diambil oleh pesawat luar angkasa Mars Express yang melihat bentuk menyerupai malaikat tersebut di formasi permukaan Planet Merah. Baca Juga - Kehidupan Alien Segera Ditemukan, Ilmuwan : Berbahaya Buat Manusia

"Bentuknya mirip sayap malaikat, lengkap dengan lingkaran cahaya. Dapat dilihat bentuk sayap menyapu ke atas dalam gambar ini," beber ESA.

Tak hanya itu, ESA juga menunjukkan bentuk hati yang terlihat di bawah sayap malaikat. Warna merahnya yang pekat disebabkan oleh pasir gelap di padang pasir Mars.
Selain Makhluk seperti Laba-Laba, Mars Diyakini Dihuni Malaikat

Sementara itu, kepala dan lingkaran cahaya terbentuk dari kawah tumbukan hasil tabrakan antara benda luar angkasa dengan kerak Mars. Sedangkan tanda halus seperti goresan di lanskap sekitarnya merupakan tanda-tanda dust devil di planet tersebut.

Adapun foto figur mirip malaikat di permukaan Mars itu diunggah ESA ke laman resminya pada Kamis (17/12/2020). Citra itu direkam oleh satelit Mars Express menggunakan kamera stereo beresolusi tinggi (HRSC) pada 8 November lalu.

Meski bukan sosok malaikat yang sesungguhnya, namun para ahli melihat banyak fitur geologi dalam gambar tersebut. Menurut mereka, tangan malaikat di sebelah kiri kemungkinan besar merupakan lubang sublimasi, fitur musiman yang terjadi saat es berubah menjadi uap.

Bahkan pada Februari lalu, Rover robotika Perseverance tak hanya telah mengirimkan banyak foto dan video setelah mendarat dengan selamat di permukaan Mars. Dibekali pula dengan mikrofon, robot ini pun dapat merekam suara di Planet Merah dan mengirimkannya ke Bumi.

Ini adalah pertama kalinya rekaman audio dilakukan di permukaan Planet Mars. Perseverance sendiri punya dua mikrofon di bodinya untuk merekam seperti apa bebunyian di dunia lain yang disebut suara-suara Malaikat.

NASA pun telah memajang rekaman audio planet Mars di Twitter. Terdengar suara mekanis dari rover Perseverance dan di latar belakang desiran mirip angin di Mars.

Now that you've seen Mars, hear it. Grab some headphones and listen to the first sounds captured by one of my microphones. ????https://t.co/JswvAWC2IP#CountdownToMars
— NASA's Perseverance Mars Rover (@NASAPersevere) February 22, 2021

Sebenarnya, rover InSight yang terbang ke Mars pada tahun 2018 sudah pernah merekam suara Mars, tapi bukan dengan mikrofon melainkan memanfaatkan seismometer dan sensor tekanan udara. Jadi baru kali ini murni ada rekaman yang berasal dari mikrofon.