Helikopter Ingenuity NASA Sukses Terbang Tiga Kali di Atmosfer Planet Mars

Senin, 26 April 2021 - 15:05 WIB
loading...
Helikopter Ingenuity NASA Sukses Terbang Tiga Kali di Atmosfer Planet Mars
Dalam penerbangan ketiga itu, Ingenuity bahkan dapat terbang lebih tinggi dan lebih cepat dibanding saat diuji di Bumi. Foto: dok NASA
A A A
CALIFORNIA - Helikopter Ingenuity milik NASA akhirnya berhasil melakukan penerbangan ketiganya di Mars.Dalam penerbangan ketiga itu,Ingenuity bahkandapat terbang lebih tinggi dan lebih cepatdibandingsaat diuji di Bumi.


Pada Minggu (25/4) silam,helikoptertersebut naik di ketinggian 4,8 meter dan terbang sepanjang 49 meter selama 80 detik,dengan kecepatan tertinggi yakni2 meterdetik.

"Penerbangan hari ini adalah yang kami rencanakan, namun hasilnya sungguh menakjubkan,” kata Dave Lavery dari NASA dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Verge, Senin (26/4).

"Dengan penerbangan ini, kami menunjukkan kemampuan kritis yang akan memungkinkan penambahan dimensi udara untuk misi Mars di masa depan," sambungnya.

Dalam misi keduanya beberapa hari lalu, Ingenuity melakukan penerbangan 51,9 detik dengan menempuh jarak 2 meter. Untuk penerbangan pertama Ingenuity pada 19 April, pesawat kecil itu terangkat hanya 3 meter dari permukaan Mars selama 39 detik.



Ingenuity tiba di Mars pada 18 Februari dengan penjelajah induknya, Perseverance, yang misinya mencari tanda-tanda kehidupan dan mengambil sampel tanah Mars.

Meskipun Ingenuity bukan fokus utama dari misi Perseverance, kemampuannya untuk terbang di atmosfer tipis Mars akan memberikan data yang berguna untuk eksplorasi Mars di masa mendatang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)