Inilah 5 Kapal Selam Termahal di Dunia, Harganya Puluhan Triliun

Rabu, 28 April 2021 - 18:02 WIB
loading...
Inilah 5 Kapal Selam Termahal di Dunia, Harganya Puluhan Triliun
Ilustrasi Kapal selam buatan Jerman, KRI Nanggala 402 . FOTO/ IST
JAKARTA - Kapal selam merupakan salah satu alat utama sistem pertahanan negara (alutsista) yang penting dimiliki oleh sebuah negara, terlebih dengan kondisi maritim seperti Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia baru saja kehilangan Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di laut Bali Utara. Sementara awaknya dinyatakan status 'Eternal Patrol'.

BACA JUGA - Karyawan Rata-Rata Sudah Divaksin, Angka COVID-19 Perkantoran Jakarta Melonjak

Pasca kejadian tersebut, sejumlah masyarakat berinisiatif menggalang dana untuk membeli kapal selam baru sebagai bentuk penghormatan kepada awak KRI Nanggala-402.

Namun, seiring perkembangannya, kapal selam yang ada saat ini memiliki teknologi yang luar biasa. Dengan begitu, harga jual satu unitnya pun juga meningkat.



Berikut ini lima harga kapal selam termahal di dunia, dilansir dari berbagai sumber.

1. Kelas Astute

Kapal selam perang ini dilengkapi dengan 6 tabung torpedo 533 mm, dan pertama kali berlayar bersama Royal Navy pada 2010.

Kelas ini digunakan untuk meluncurkan torpedo Spearfish, rudal anti-kapal Sub-Harpoon, dan rudal jelajah Tomahawk.

Daya hancur dari rudal jelajah Tomahawk Block IV sangat berbahaya, karena mampu memberikan serangan dalam jangkauan 1.700 km di laut maupun darat.



Harga satu unitnya sekitar USD2,52 miliar Rp36,5 triliun.

2. Kelas Ohio

Meski awal diciptakannya sebagai kendaraan pembawa rudal balistik, antara 2002 dan 2008 Angkatan Laut Amerika Serikat mengubah empat kapal selam tertua kelas Ohio menjadi kapal induk rudal jelajah atau SSGN.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA