Hujan Meteor Eta Aquarid 2021 Mencapai Puncaknya Pekan Ini, Begini Cara Melihatnya

Kamis, 06 Mei 2021 - 04:14 WIB
loading...
Hujan Meteor Eta Aquarid 2021 Mencapai Puncaknya Pekan Ini, Begini Cara Melihatnya
Justin Ng dari Singapura berhasil menangkap pemandangan meteor Eta Aquarid terang yang meluncur melintasi langit malam di atas Gunung Bromo, di Pulau Jawa. Foto/Justin Ng
JAKARTA - Para penikmat luar angkasa akan menikmati pemandangan luar biasa akhir pekan ini. Ya, hujan meteoreta Aquarid akan terlihat jelas di langit!

Kamis dini hari (6 Mei 2021), tepat sebelum fajar mulai menerangi langit timur, warga Bumi akan berkesempatan melihat, meski sebentar, beberapa sisa ekor komet paling terkenal akan menerangi langit pagi.

Baca juga : Setelah Huawei dan Xiaomi, Oppo Kini Siap Bikin Mobil

Komet Halley membuat lintasan terakhirnya melalui tata surya bagian dalam pada tahun 1986 dan baru akan kembali pada musim panas 2061. Meskipun demikian, setiap kali Halley menyapu Matahari, dia meninggalkan jejak berdebu -sebut saja sampah kosmik- yang mengikuti di belakang komet.



Dan ternyata, orbit Komet Halley mendekati orbit Bumi di dua tempat. Satu titik terjadi di pertengahan hingga akhir Oktober, menghasilkan tampilan meteor yang dikenal sebagai Orionids. Titik lainnya datang pada awal Mei, menghasilkan Eta Aquarids.

Dalam kondisi ideal alias langit gelap tanpa Bulan, sekitar 30 hingga 60 meteor yang sangat cepat ini dapat terlihat per jam pada puncak tampilan pada 6 Mei. Pemandangan "pancuran air" muncul sekitar seperempat kekuatan puncak selama beberapa hari sebelum dan sesudah 6 Mei.

Baca juga : Bugatti Buat Meja Biliar Seharga 19 Mobil Daihatsu Rocky


Tahun ini akan menjadi tahun yang sangat baik untuk menikmati Eta Aquarid, karena Bulan akan berada dalam fase sabit yang memudar. Jadi hanya 28% yang diterangi dan memberikan sedikit gangguan untuk melihat lintasan cahaya yang deras ini.

Dari tempat-tempat di selatan khatulistiwa, Eta Aquarids menampilkan pertunjukan yang sangat bagus. Masyarakat Australia menganggapnya sebagai tampilan meteor terbaik tahun ini.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA