Mendapat Pengakuan Ilmuwan, Kini Bumi Resmi Memiliki Lima Samudera

Rabu, 16 Juni 2021 - 04:05 WIB
Mendapat Pengakuan Ilmuwan, Kini Bumi Resmi Memiliki Lima Samudera
Sebelumnya Bumi hanya memiliki empat lautan luas atau samudera yang diakui dunia, yakni Samudera Atlantik, Pasifik, India dan Arktik. Foto/dok
JAKARTA - Sebelumnya Bumi hanya memiliki empat lautan luas atau samudera yang diakui dunia, yakni Samudera Atlantik, Pasifik, India dan Arktik. Namun bertepatan dengan hari laut sedunia pada 8 Juni, National Geographic Society menambahkan Samudera Selatan sebagai samudera baru yang diakui.

Samudera Selatan yang berada di sekitar Samudera Atlantik sebenarnya sudah diketahui ilmuwan sejak 100 tahun lalu. Namun karena belum diakui secara resmi, ilmuwan tidak bisa memberi nama begitu saja.

"Samudera Selatan telah lama diakui oleh para ilmuwan, tetapi karena tidak pernah ada kesepakatan internasional, kami tidak pernah secara resmi mengakuinya," kata ahli geografi resmi masyarakat Alex Tait kepada situs web National Geographic.

Jika tidak diakui sebagai samudera , salah satu dampak terbesar adalah pada pendidikan. "Siswa jadi tidak bisa mempelajari informasi tentang dunia laut. Jika Anda tidak memasukkan Samudra Selatan, maka Anda tidak mempelajari secara spesifik," katanay seperti dikutip Live Science, Selasa (15/6/2021).

National Geographic mulai membuat peta pada tahun 1915, tetapi ilmuwan secara resmi mengakui hanya ada empat samudera yang mereka definisikan berdasarkan benua yang berbatasan dengannya.

Sebaliknya, Samudera Selatan tidak ditentukan oleh benua yang mengelilinginya, tetapi oleh Arus Circumpolar Antartika (ACC) yang mengalir dari barat ke timur.

Para ilmuwan berpikir ACC diciptakan 34 juta tahun yang lalu ketika benua Antartika terpisah dari Amerika Selatan, memungkinkan air mengalir tanpa hambatan di sekitar "dasar" dunia.

ACC menarik air dari Samudera Atlantik, Pasifik, dan India untuk membantu mendorong "sabuk konveyor" global yang membawa panas ke seluruh planet. Sementara air padat dingin ACC tenggelam dan membantu menyimpan karbon di laut dalam. Ribuan spesies laut hanya hidup di dalam ACC, menurut National Geographic.