Tongkat Ular Milik Dukun dari 4.400 Tahun Lalu Ditemukan di Finlandia

Minggu, 04 Juli 2021 - 14:04 WIB
loading...
Tongkat Ular Milik Dukun dari 4.400 Tahun Lalu Ditemukan di Finlandia
Tongkat berusia sekitar 4.400 tahun yang ditemukan di Finlandia kemungkinan telah digunakan untuk tujuan mistik oleh seorang dukun. Foto/dok
A A A
HELSINSKI - Sebuah tongkat kayu yang diukir berbentuk ular ditemukan di sebuah danau di barat daya Finlandia. T ongkat berasal dari sekitar 4.400 tahun lalu itu kemungkinan telah digunakan untuk tujuan mistik oleh seorang dukun.

"Saya telah melihat banyak hal luar biasa, tetapi penemuan patung ini membuat saya benar-benar tidak bisa berkata-kata dan membuat saya merinding," kata arkeolog Satu Koivisto dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Live Science, Minggu (4/6/2021).



Koivisto adalah peneliti postdoctoral di University of Turku di Finlandia yang memimpin penelitian di Jarvensuo, situs di mana objek itu ditemukan.

Antti Lahelma, seorang arkeolog di Universitas Helsinki mengatakan, patung itu sangat naturalistik dan menyerupai ular Natrix atau ular viper. Tongkat itu mempunyai panjang 53 cm dan tebal sekitar 2,5 cm.

Seorang peneliti Postdoctoral di Nordic Folkloristics di University of Finlandia, Sonja Hukantaival mengatakan, tongkat itu menyerupai ular beludak. "Ini menarik, karena ular beludak memiliki peran penting dalam agama dan sihir," katanya.

Menurut catatan sejarah yang membahas kepercayaan pra-Kristen, ular sarat dengan makna simbolis dalam kosmologi Finno-Ugric dan Sámi, dan dukun. Sámi tinggal di Skandinavia utara dan Rusia, sementara bahasa Finno-Ugric dituturkan di Skandinavia dan Eropa timur.



Namun, tongkat itu ada jauh sebelum orang Finlandia mulai membuat catatan tertulis. Para peneliti juga tidak dapat memastikan bahwa orang-orang saat itu memiliki kepercayaan yang sama sekitar 4.400 tahun yang lalu.

Tim juga telah menemukan sejumlah besar artefak memancing di situs Järvensuo. Ini menunjukkan bahwa nelayan purba sering mengunjungi daerah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2149 seconds (0.1#10.140)