Pola Rahasia Ditemukan Dalam Area Makam Islam Abad Pertengahan di Sudan

Jum'at, 09 Juli 2021 - 18:08 WIB
loading...
Pola Rahasia Ditemukan Dalam Area Makam Islam Abad Pertengahan di Sudan
Pemandangan makam qubba di sekitar area yang dikenal sebagai Jebel Maman. Foto/Stefano Costanzo
JUBA - Tim ilmuwan kini sedang meneliti pola aneh pada ribuan makam Islam abad pertengahan di wilayah Kassala di Sudan timur. Berdasarkan citra satelit yang dimiliki ilmuwan, ribuan makam itu disusun seperti menggambarkan lanskap galaksi di alam semesta.

"Kami menghadapi tantangan untuk menafsirkan pembuatan lanskap pemakaman dengan hampir tidak ada data arkeologi tradisional, tetapi kami memiliki kumpulan data adanya proses penyusunan makam itu," Stefano Costanzo, seorang mahasiswa doktoral di bidang arkeologi di University of Naples L'Orientale di Italia dan penulis utama artikel jurnal tersebut, mengatakan kepada Live Science.

BACA: Lolos dai Asteroid Pemusnah Dinosaurus, Ikan Purba Ini Hidup di Sulawesi

Costanzo mengatakan, dengan mata telanjang jelas bahwa makam-makam itu diatur sedemikian rupa sehingga ada makna yang tersirat dalam penataannya. Untuk mengungkap rahasianya, ilmuwan menggunakan metode proses cluster Neyman-Scott.

Teknik pemodelan itu mengungkapkan bahwa makam Islam menyembunyikan beberapa subcluster yang berputar di sekitar makam 'induk' yang tidak dapat diidentifikasi itu makam siapa.

Makam itu menjadi pusat untuk menguburkan orang-orang setelahnya. "Ada satu makam yang disakralkan dan makam itu menjadi pusat penguburannya," kata Constanzo .



Wilayah Kassala dihuni oleh orang-orang Beja, banyak dari mereka masih menjalani gaya hidup seminomaden, kata tim tersebut dalam artikel jurnal.

BACA JUGA: Toyota Siap Hadirkan Crown Generasi ke-15

Cluster lokal kemungkinan besar adalah kuburan suku/keluarga orang Beja. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan lokasi yang tepat dari makam induk.

"Penelitian lebih lanjut juga dapat mengungkap siapa yang dimakamkan di makam induk ini dan apa yang membuatnya begitu istimewa," katanya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA