Cegah Kiamat karena Asteroid, China Kirim 23 Roket Penangkis

Rabu, 14 Juli 2021 - 10:00 WIB
loading...
Cegah Kiamat karena Asteroid, China Kirim 23 Roket Penangkis
Roket Long March 5 milik China ditugaskan untuk mengacaukan rute tempuh asteroid Bennu. Foto/IST
CHINA - China berencana meluncurkan lebih dari 23 roket ke luar angkasa guna menangkis berbagai asteroid yang akan menabrak Bumi. Puluhan roket tersebut ditugaskan untuk mencegat asteroid yang bisa mengakibatkan kiamat di Bumi.

Salah satu asteroid yang jadi target adalah Bennu. Disebutkan Space.com, Bennu merupakan salah satu asteroid yang berbahaya buat Bumi. Pasalnya Bennu merupakan salah satu asteroid yang sangat besar. Beratnya saja mencapai 85,5 juta ton. Ukurannya saja disebutkan Space.com melebihi gedung Empire State Building.

Jika berhasil menabrak Bumi, maka dampak yang dihasilkan oleh Bennu diperkirakan mencapai 1.200 megatons atau setara 80.000 kali lebih besar dari ledakan nuklir yang terjadi di Hiroshima pada tahun 1945. Untuk gambaran Live Science mengatakan bahwa meteor yang menabrak Bumi dan melenyapkan populasi dinosaurus memiliki dampak sebesar 100 juta megatons.

Baca juga : Mobil Darurat Covid-19 Ananda Omesh Resmi Beroperasi Ini Cara Pemesanannya

Cegah Kiamat karena Asteroid, China Kirim 23 Roket Penangkis


Para ilmuwan China yang ada di China's National Space Science Center memperkirakan bahwa roket Long March 5 yang dimiliki oleh China akan mampu mencegah tabrakan itu terjadi. Sebanyak 23 roket menurut mereka akan mampu mendorong dan mengalihkan rute tempuh Bennu itu dari tabrakan fatal ke Bumi.



"Dampak asteroid menimbulkan ancaman besar bagi semua kehidupan di Bumi," Mingtao Li, analis ilmu antariksa dari National Space Science Center di Beijing dan penulis utama studi baru tersebut, menulis di koran. "Membelokkan asteroid pada lintasan tumbukan sangat penting untuk mengurangi ancaman ini," sambungnya lagi.

Rencana ini menurutnya lebih realistis ketimbang cara lainnya yang tergolong frontal yakni meledakkan asteroid dengan nuklir. Teori ini pernah mengemuka lewat film Armageddon yang dibintangi Bruce Willis. Padahal menurut mereka meledakkan asteroid dengan nuklir tidak akan menyelesaikan masalah karena asteroid akan jadi banyak kepingan dengan rute tempuh yang tetap sama. Sehingga potensi tabrakan dengan Bumi akan tetap terjadi.

Baca juga : Harley-Davidson Sportster S Baru Meluncur, Bukan Serigala Berbulu Domba

Cegah Kiamat karena Asteroid, China Kirim 23 Roket Penangkis




Rencana China ini sebenarnya sudah pernah diupayakan oleh NASA melalui program bernama Hypervelocity Asteroid Mitigation Mission for Emergency Response (HAMMER). Berbeda dengan China, NASA berupaya mencegah tabrakan dengan mengirimkan armada pesawat ruang angkasa setinggi 9 meter bernama Double Asteroid Redirection Test (DART).

Pesawat itu nantinya akan menabrak asteroid hingga keluar jalur. Simulasi NASA menunjukkan bahwa 34-53 pukulan dari pesawat ruang angkasa DART, akan diperlukan untuk menggeser asteroid.

Untuk membuktikan efektivitas teori tersebut NASA bekerja sama dengan ESA akan melakukan percobaan pada 24 November nanti. Dalam percobaan itu pesawat ruang angkasa akan dikirimkan untuk menghancurkan asteroid kembar Didymos yang memang akan menabrak Bumi.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA