Anak Muda Belanda Jadi Astronot Termuda di Dunia, Ini Profilnya

Jum'at, 16 Juli 2021 - 14:00 WIB
loading...
Anak Muda Belanda Jadi Astronot Termuda di Dunia, Ini Profilnya
Oliver Daemen mendapat kesempatan ke luar angkasa bersama Jeff Bezos karena ayahnya berhalangan ikut karena bentrok dengan jadwal lain. Foto/Daily Mail.
BELANDA - Seorang anak berusia 18 tahun asal Belanda akan menjadi astronot termuda yang pernah ada. Ia juga akan menjadi turis ruang angkasa pertama yang membayar dalam penerbanganluar angkasa komersial AS, Blue Origin milik Jeff Bezos.

Oliver Daemen, seorang mahasiswa fisika, akan bergabung dengan penerbanganluar angkasa pekan depan di New Shepard bersama Bezos. Ia dapat terbang setelah ayahnya mendapat kesempatan tempat kedua dan karena pemenang lelang senilai USD 28 juta ditangguhkan ke penerbangan berikutnya.

Baca juga : Membangun Hotel di Bulan, Mimpi Panjang yang Tak Terwujudkan

Oliver adalah putra investor Joes Daemen, pendiri dan CEO perusahaan ekuitas swasta Belanda Somerset Capital Partners, yang membayar kursi dan memilih untuk melepaskan Oliver sebagai gantinya.

"Ia mengambil kursi pada penerbangan 20 Juli setelah pemenang tender anonim memutuskan untuk terbang pada misi New Shepard di kesempatan selanjutnya, karena konflik penjadwalan yang dirahasiakan," kata pihak Blue Origin, dikutip dari Daily Mail, Jumat (16/7/2021).

Oliver mengaku sangat bersemangat unutk bisa pergi ke luar angkasa. "Saya telah memimpikan ini sepanjang hidup saya dan saya akan menjadi astronot termuda karena saya berusia 18 tahun. Saya sangat bersemangat untuk mengalami nol G," ujarnya dalam pesan video.



Anak Muda Belanda Jadi Astronot Termuda di Dunia, Ini Profilnya


Oliver akan menjadi pelanggan pertama yang membayar untuk bisa terbang ke luar angkasa bersama Bezos, saudara Bezos Mark, perintis penerbangan Mary Wallace 'Wally' Funk dan dua penumpang lainnya.

Baca juga : Porsche : Taksi Terbang Buang-buang Uang Tapi Menguntungkan

Perusahaan tidak mengungkapkan harga yang dibayarkan untuk kursi Oliver, tetapi mereka menegaskan bahwa dia berpartisipasi dalam pelelangan. Disebutkan Oliver sekarang dalam perjalanan ke Texas, di mana peluncuran akan berlangsung pada hari Selasa (20/7).



"Pada usia 18 tahun dan 82 tahun, Oliver Daemen dan Wally Funk mewakili astronot termuda dan tertua yang melakukan perjalanan ke luar angkasa," ungkap Blue Origin.

GeekWire melaporkan bahwa Oliver lulus dari sekolah menengah tahun lalu dan mengambil jeda setahun sebelum melanjutkan lisensi pilot pribadinya di Spanyol. Dia akan memulai gelar dalam bidang fisika dan manajemen inovasi di Universitas Utrecht pada bulan September.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA