Dukung Kehidupan di Luar Angkasa, Astronot Tanam Cabai di ISS

Minggu, 18 Juli 2021 - 17:03 WIB
Dukung Kehidupan di Luar Angkasa, Astronot Tanam Cabai di ISS
Astronot NASA Shane Kimbrough menunjukan 48 Hatch benih cabai rawit NASA mulai tumbuh pada 12 Juli 2021 sebagai bagian dari percobaan Plant Habitat-04. Foto/NASA
CALIFORNIA - Astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menambahkan item baru ke menu makanan luar angkasa mereka yakni cabai.

Cabai yang dihasilkan merupakan sebuah eksperimen yang baru-baru ini dilakukan. Para astronaut mulai menumbuhkan cabai di luar angkasa untuk pertama kalinya.

Astronaut NASA Shane Kimbrough memasukkan 48 biji cabai ke dalam Advanced Planet Habitat (APH) stasiun ruang angkasa pekan ini dan mulai melakukan percobaan yang disebut Plant Habitat-04.

Tujuannya adalah menanam cabai selama empat bulan ke depan dan kemudian memanennya untuk melihat pertumbuhannya.

Sejumlah benih cabai telah ditanam di Stasiun Luar Angkasa Internasional sebagai bagian dari percobaan baru yang bertujuan untuk memperluas makanan yang bisa ditanam di luar angkasa menjelang kemungkinan misi masa depan ke Mars.

Benih cabai rawit 48 Hatch tiba di pos orbit 5 Juni dengan misi pasokan komersial SpaceX Dragon CRS-22.

"Sekarang, cabai merah dan cabai hijau tersebut mulai tumbuh sebagai bagian dari percobaan Plant Habitat-04 NASA," kata NASA, dikutip dari Space, Minggu (18/7/2021).

Astronot mendapatkan sebagian besar pasokan makanan segar mereka dari kapal kargo, tetapi versi percobaan Habitat sebelumnya telah menghasilkan beberapa makanan lezat.

Selama tiga panen sebelumnya, kru telah menikmati selada merah yang ditanam di luar angkasa , mustard Mizuna dan dua jenis selada lainnya, dan lobak.

Astronaut juga menanam tanaman berbunga, seperti zinnia, untuk mempercantik tempat tinggal mereka.