Kasihan, Sudah ke Luar Angkasa tapi Jeff Bezos dan Sir Richard Brandson Belum Dianggap Astronot

Sabtu, 24 Juli 2021 - 19:05 WIB
loading...
Kasihan, Sudah ke Luar Angkasa tapi Jeff Bezos dan Sir Richard Brandson Belum Dianggap Astronot
Kru New Shepard Blue Origin. (Ki-ka) Oliver Daemen, Jeff Bezos, Wally Funk dan Mark Bezos di Van Horn, Texas, setelah mendarat. Foto: AFP
A A A
TEXAS - Meski sudah pergi ke luar angkasa, namun triliuner Jeff Bezos dan Sir Richard Brandson ternyata belum dianggap sebagai astronot.

Memang sederhana, tapi kata astronot dianggap sangat penting bagi sebagian orang. Karena hanya sebagian kecil manusia yang bisa pergi ke luar angkasa, terlepas seberapa pun kayanya mereka. Dan ternyata, dengan kaya dan punya uang untuk keluar angkasa, tetap tidak bisa mendapatkan julukan astorot.



Ini setelah Aturan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) yang baru memperketat siapa yang layak dianggap sebagai astronot.

Menurut aturan baru itu, calon astronot harus menjadi bagian dari awak pesawat dan memberikan kontribusi untuk keselamatan penerbangan luar angkasa.
Itu artinya Jeff Bezos dan Sir Richard Branson mungkin belum menjadi astronot. Setidaknya di mata pemerintah AS.

Ini adalah perubahan pertama aturan tersebut sejak program sayap FAA dimulai pada 2004.

Kasihan, Sudah ke Luar Angkasa tapi Jeff Bezos dan Sir Richard Brandson Belum Dianggap Astronot

Pemilik Virgin Galactic Sir Richard Branson. Foto: AFP

Uniknya, pembaruan program Commercial Astronaut Wings diumumkan pada hari Selasa awal pekan ini, hari yang sama ketika Jeff Bezos terbang dengan roket Blue Origin ke tepi luar angkasa.

Untuk memenuhi syarat sebagai astronot komersial, seseorang harus melakukan perjalanan 80 km di atas permukaan bumi. Dan itu sudah dicapai oleh Bezos maupun Branson.

Namun selain ketinggian, FAA mengatakan bahwa calon astronot juga harus ”menunjukkan aktivitas selama penerbangan yang penting untuk keselamatan publik, atau berkontribusi pada keselamatan penerbangan antariks”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)