Elon Musk Ditantang Bikin Pesawat Jet Listrik, Beranikah?

Kamis, 29 Juli 2021 - 19:10 WIB
loading...
Elon Musk Ditantang Bikin Pesawat Jet Listrik, Beranikah?
Elon Musk pun mengungkapkan bahwa dia sangat ingin membangun pesawat listrik yang dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Miliarder Elon Musk tampaknya belum puas dengan pencapaian SpaceX ke luar angkasa. kendati belum tahu kapan akan diwujudkan, nampaknya Elon Musk berniat untuk besaing dalam pembuatan jet listrik.

Dilansir Expres.co.uk, Kamis (29/7/2021), Elon Musk berkeinginan untuk membuat pesawat jet supersonik bertenaga listrik. Namun di tengah kesibukannya membuat mobil listrik Tesla dan penerbangan luar angkasa SpaceX, Musk mengaku belum siap melakukannya dalam waktu dekat.



Mengenai perlombaan pedawat listrik sebenarnya sudah dimulai sejak lima tahun lalu. Diawali dengan pesawat bertenaga surya pertama di dunia, Solar Impulse 2, mengelilingi dunia.

Dua tahun kemudian dan produsen motor listrik MagniX memasang motor listrik pada pesawat dan berhasil menerbangkannya selama 15 menit. Kendati sangat singkat namun uji terbang itu membuktikan bahwa motor listrik ternyata dapat terbang ke angkasa.

Badan antariksa AS NASA juga mengutak-atik konsep pesawat serba listrik, mengerjakan pesawat eksperimental X-57.



Sayangnya, penggemar SpaceX yang berharap Elon Musk akan membuat pesawat jet listrik harus kecewa. Karena Elon Musk memberi sinyal tidak akan menghabiskan waktu dan uang untuk pesawat listrik dalam waktu dekat.

YouTuber Sam Kelly menghubungi kepala SpaceX melalui Twitter memberi soal penerbangan Solar Impulse 2 pada tahun 2016.

Tweet yang diposting oleh World of Engineering, membagikan foto pesawat yang tampak tidak biasa dengan judul: "Pada 26 Juli 2016 - Solar Impulse 2 menjadi pesawat bertenaga surya pertama yang mengelilingi Bumi.



Mr Kelly menanggapi tweet dengan pertanyaan yang ditujukan langsung ke Mr Musk dengan menanyakan apakah dia menyukai tantangan?

Elon Musk pun mengungkapkan bahwa dia sangat ingin membangun VTOL listrik, yakni sejenis pesawat yang dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3823 seconds (0.1#10.140)