Saingi Elon Musk, Jeff Bezos Akan Bikin Roket yang Bisa Dipakai Berkali-kali

Jum'at, 30 Juli 2021 - 05:00 WIB
loading...
Saingi Elon Musk, Jeff Bezos Akan Bikin Roket yang Bisa Dipakai Berkali-kali
Jeff Bezos saat ini masih mencari material yang cocok untuk roket New Glenn yang bisa digunakan kembali. Foto/IST
A A A
AMERIKA SERIKAT - Persaingan antara dua orang superkaya Jeff Bezos dan Elon Musk terus memanas. Setelah Jeff Bezos kalah dari Elon Musk dalam proyek ke Bulan bersama NASA, kali ini dia-diam Jeff Bezos membuat proyek rahasia bernama Project Jarvis.

Proyek rahasia itu disebutkan Science Times merupakan proyek pembuatan roket luar angkasa yang bisa digunakan kembali setelah dipakai. Menariknya, roket luar angkasa jenis itu juga tengah dikembangkan oleh Elon Musk melalui perusahaan luar angkasa miliknya SpaceX.



Mengutip Trevor Sesnic, wartawan yang bertugas di NASA, disebutkan bahwa pesawat luar angkasa yang dapat digunakan berkali-kali itu akan diaplikasikan pada roket luar angkasa New Glenn yang tengah dikembangkan perusahaan luar angkasa milik Jeff Bezos, Blue Origin.

"Blue Origin telah mengganti material New Glenn dari aluminium-tembaga ke stainless stee 304. Alasan inilah mengapai Blue Origin melakukan arah baru dari proyek New Glenn yang sudah berjalan. Saya tidak sabar melihat New Gleen dengan material stainless steel itu terbang," tulis Trevor Sesnic di akun Twitter resmi miliknya.

Saingi Elon Musk, Jeff Bezos Akan Bikin Roket yang Bisa Dipakai Berkali-kali


Stainless steel menurut New Atlass saat ini tidak dipergunakan oleh banyak perusahaan dalam membuat pesawat luar angkasa. Saat ini pesawat luar angkasa kebanyakan dibuat dari serat karbon. Roket luar angkasa biasanya memang tidak bisa digunakan kembali karena memang akan terbakar di atmosfer atau dibuang ke Point Nemo, dimana roket-roket lainnya juga dibuang.

Sementara material Stainless Steel 304 justru memiliki kemampuan berbeda dengan material karbon. Stainless steel memiliki kemampuan bertahan yang tinggi dari pembakaran yang biasa terjadi atmosfir. Selain itu stainless steel memiliki harga yang lebih murah meski pun secara bobot jauh lebih berat dibandingkan serat karbon.

Yang pasti Elon Musk sudah mengajukan gagasan penggunaan stainless steel di roket-roket luar angkasa buatan SpaceX. Meski sudah terkonfirmasi oleh Trevor Sesnic, situs Ars Tecnica meragukan Jeff Bezos akan menggunakan material yang sama untuk roket luar angkasa yang bisa digunakan kembali itu.



Mereka membenarkan Jeff Bezos memang akan membuat roket luar angkasa yang bisa digunakan kembali. Hanya saja materialnya masih terus dicari guna memenuhi impian tersebut. Pasalnya Jeff Bezos sendiri tidak mau jika nantinya dianggap meniru apa yang akan dilakukan Elon Musk. Inilah mengapa Jeff Bezos kemudian mengaktifkan proyek rahasia bernama Project Jarvis.

Padahal menurut New Atlas konsep transportasi luar angkasa yang bisa digunakan kembali sebenarnya bukan mutlak milik SpaceX. Sekitar 30 tahun lalu, NASA justru melangkah lebih jauh dengan membuat pesawat luar angkasa yang bisa digunakan kembali setelah melakukan perjalanan luar angkasa.

Hanya saja saat itu keinginan tersebut dibatalkan karena adanya tragedi meledaknya pesawat luar angkasa Challenger dan Columbia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5065 seconds (0.1#10.140)