Selasa, 10 Agustus 2021 - 10:00 WIB
NASA Cari Sukarelawan untuk Tinggal di Mars Selama Setahun, Berminat?
Misi simulasi CHAPEA ini dirancang sebagai uji coba untuk menghadapi semua rintangan dan kesulitan selama berada di planet Mars. Foto/ICON
CALIFORNIA - NASA membuka perekrutan untuk simulasi kehidupan di Mars selama setahun. Mereka yang lolos seleksi akan mendapatkan pelatihan mendalam tentang bagaimana rasanya menjadi astronot yang ditempatkan di planet merah untuk misi jarak jauh dan berdurasi panjang.

Misi simulasi yang disebut Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA) ini dirancang sebagai uji coba menantang untuk menghadapi semua rintangan dan kesulitan selama berada di planet Mars.

"Analogi ini sangat penting untuk menguji solusi untuk memenuhi kebutuhan kompleks kehidupan di permukaan Mars," kata ilmuwan teknologi pangan utama Grace Douglas dari Johnson Space Center NASA di Houston seperti dilansir Spacealert, Selasa (10/8/2021).

"Simulasi di Bumi akan membantu kita memahami dan melawan tantangan fisik dan mental yang akan dihadapi astronot sebelum mereka pergi," katanya.

Program CHAPEA mencakup tiga misi analog, yang pertama dalam fase rekrutmen, kemudian misi yang akan dimulai pada musim gugur 2022 dan analog tindak lanjut akan berlangsung pada 2024 dan 2025.

Dalam simulasi yang dilakukan selama tahun, empat anggota awak akan tinggal dan bekerja di Mars Dune Alpha. Ini adalah habitat seluas 160 meter persegi (1.700 kaki persegi) yang terletak terisolasi di Johnson Space Center.

Habitat yang dirancang oleh firma arsitektur BIG-Bjarke Ingels Group, akan menampung anggota kru saat mereka menangani berbagai tugas dan masalah: melakukan penelitian ilmiah, memperbaiki hal-hal yang tidak berfungsi, dan mengelola sumber daya stasiun yang terbatas .

NASA Cari Sukarelawan untuk Tinggal di Mars Selama Setahun, Berminat?

NASA memiliki sejarah panjang dalam menjalankan misi analog, dengan simulasi terestrial pertamanya berlangsung di Arizona pada akhir 1990-an, dan Mars adalah tempat umum untuk eksperimen semacam ini dalam isolasi jarak jauh.

Tetapi analog CHAPEA baru akan membawa hal-hal lebih jauh dari sebelumnya, menurut Jason Ballard, salah satu pendiri dan CEO perusahaan konstruksi dan teknologi ICON, yang membangun rumah dengan kondisi seperti di Mars. "Ini adalah habitat simulasi dengan ketelitian tertinggi yang pernah dibangun oleh manusia," kata Ballard.

Di Mars Dune Alpha, setiap anggota kru akan mendapatkan tempat pribadi mereka sendiri di salah satu ujung habitat. Di tempat lain, tata letaknya mencakup area kerja, stasiun penanaman makanan untuk tanaman, ruang medis, dapur, ruang kebugaran, dan ruang tamu bersama.

Pencahayaan, suhu, dan sistem suara semuanya dapat disesuaikan, dan sebagian besar furnitur dapat dipindahkan, untuk membantu kru menyesuaikan berbagai hal dengan kebutuhan dan persyaratan mereka.

Untuk menjadi sukarelawan ini, NASA memberi syarat, dia merupakan warga AS yang sehat dan termotivasi, berusia 30 hingga 55 tahun, dengan keinginan kuat untuk berpetualang.

Syarat lainnya bukan perokok, mahir dalam bahasa Inggris, dan akan memiliki pengalaman luas di bidang STEM yang relevan (termasuk gelar master atau setara, selain dua tahun pengalaman profesional), atau memiliki setidaknya 1.000 jam terbang sebagai pilot pesawat jet.

Semua mengatakan, itu adalah standar yang cukup tinggi untuk masuk ke program ini, tetapi itu mencerminkan betapa menantangnya misi analog CHAPEA ini – dan seberapa serius NASA melakukan penelitian ini.