Punya Banyak Logam Berharga, Menambang Asteroid Janjikan Kekayaan Seumur Hidup

Senin, 23 Agustus 2021 - 20:00 WIB
loading...
Punya Banyak Logam Berharga, Menambang Asteroid Janjikan Kekayaan Seumur Hidup
Asteroid menyimpan kandungan logam-logam berharga mulai dari emas, nikel dan besi. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Asteroid ternyata memiliki banyak logam berharga yang bisa bikin banyak orang penasaran. Selain jadi objek penelitian, Asteroid dianggap memiliki nilai ekonomi tinggi karena kandungannya yang sangat berharga.

Baru-baru ini dalam situs Space.com, Paul M Sutter, ahli astrofisika dari Stony Brook and the Flatiron Institute menulis asteroid memiliki kandungan logam yang sangat berharga salah satunya adalah emas. "Asteroid memiliki kandungan emas yang sangat besar termasuk logam lainnya yang menjanjikan kekayaan seumur hidup," tulis Paul M Sutter.

Sebagaimana Bumi yang menyimpan banyak kandungan logam yang berharga, asteroid juga memiliki hal yang sama. Paul M Sutter menuturkan sebagian besar logam berharga yang ada di Bumi tersimpan sangat dalam di perut Bumi. Hal itu terjad karena logam-logam berharga yang ada di Bumi ikut tenggelam ketika Bumi masih dalam keadaan cair.

Baca juga : Pesan Mobil Jeep Baru? Sabar, Jumlah Unit yang Datang Masih Terbatas

Dia beranalisis logam berharga yang bisa diakses oleh masyarakat saat ini, yang didapat tidak terlau jauh dari dalam bumi, justru merupakan logam-logam berharga yang terkandung di Asteroid yang sampai ke Bumi.

Emas menurut Paul M Sutter bukan satu-satunya logam berharga yang memiliki terkandung dalam jumlah besar di asteroid . Logam berharga lainnya adalah nikel dan besi. Hal ini terjadi karena asteroid tidak lain adalah sisa-sisa dari almost planet yang ada di luar angkasa.



"Mereka (asteroid) mengandung semua campuran elemen yang sama dengan sepupu planet mereka yang lebih besar," tulisnya.

Dia mencontohkan Asteroid 16 Psyche yang mengangdung sekitar 10 miliar kilogram nikel dan besi. Kedua logam ini sangat dibutuhkan oleh berbagai industri yang ada saat ini. Menurutnya kedua logam yang ada di 16 Psyche itu dapat memasok kebutuhan industri selama beberapa juta tahun.

"Dan Anda tidak perlu menggali inti mereka untuk mendapatkannya seperti kita menggali emas dan logam-logam lainnya," terang Paul M Shutter.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3169 seconds (11.97#12.26)