Astronom Beberkan Teknologi Tak Masuk Akal yang Dipakai Alien untuk Intip Bumi

Sabtu, 04 September 2021 - 11:00 WIB
Astronom Beberkan Teknologi Tak Masuk Akal yang Dipakai Alien untuk Intip Bumi
Para astronom satu persatu beberkan teknologi yang dipakai Alen untuk mengintio Bumi,. FOTO/ IST
Alien atau Mahkluk luar angkasa keberadaan dan kebenarannya masih jadi perdebatan. Bahkan Alien beberapa tahun terakhir diklaim mulai mampir ke Bumi seperti peristiwa di AS yang saat ini di selidiki Pentagonm

Ahli astrofisika Harvard, Avi Loeb, mengatakan, dia telah menemukan bukti kuat untuk teknologi alien di tata surya , apa yang bisa disebut sebagai sampah kehidupan asing. Tetapi beberapa ilmuwan lain tidak menganggap serius gagasan tersebut. Baca Juga: Objek Misterius di Belakang Bintang KIC 8462852 Jadi Perdebatan

Dalam buku barunya "Extraterrestrial: The First Sign of Intelligent Life Beyond Earth" (Houghton Mifflin Harcourt), yang akan diterbitkan 26 Januari nanti, Loeb menjelaskan, perjalanannya ke posisi radikal pada pengunjung antarbintang aneh yang dijuluki 'Oumuamua -a benda berbentuk cerutu atau cakram yang melesat melalui tata surya kita pada 2017.

Sementara itu, astronom terkemuka Dr Seth Shostak, sementara ini kemungkinan besar identitas wisatawan dari luar Angkasa, kita tidak bisa mengatakan dengan pasti itu bukan piring terbang.

"Kami tidak bisa mengesampingkan bahwa ini adalah penyelidikan antarbintang, " ungkap Dr. Shostak, seorang astronom senior di SETI Institute di California, mengatakan kepada The Sun.

Penelitian baru sebenarnya dimulai di Jupiter. Para peneliti sebelumnya telah mempelajari emisi radio planet itu dan kemudian menyesuaikan pengukuran tersebut untuk mencerminkan efek yang mereka harapkan dari kedekatan dengan bintang induk dan jarak dari Bumi terhadap pengamatan mereka atas sebuah planet ekstrasurya.

Kemudian, para ilmuwan berkonsultasi dengan pengamatan yang dilakukan pada tahun 2016 dan 2017 oleh Low Frequency Array (LOFAR) di Belanda. Selain sinyal potensial dari Tau Boötes b, para peneliti juga melaporkan bahwa mereka mungkin telah mengambil sinyal dari bintang Upsilon Andromedae atau planetnya, tetapi pendeteksian itu bahkan lebih redup daripada pendeteksian dari Tau Boötes.

Para peneliti tertarik untuk mendeteksi emisi radio dari planet karena informasi tersebut dapat membantu ilmuwan menguraikan apa yang terjadi di medan magnet dunia yang sama yang diyakini didiami Alien.