Singapura Terjunkan Robot Xavier untuk Menangkap Perokok di Tempat Umum

Selasa, 07 September 2021 - 22:15 WIB
loading...
Singapura Terjunkan Robot Xavier untuk Menangkap Perokok di Tempat Umum
Robot Xavier untuk tangkap perokok sembarangan. FOTO/ IST
A A A
SINGAPURA - Penduduk Singapura sekarang perlu lebih berhati-hati karena robot Xavier kan berpatroli di tempat-tempat umum yang ramai untuk mendeteksi pelanggaran seperti merokok, memarkir sepeda sembarangan, dan menjajakan ilegal.

Seperti dilansir dari Mediacorp News, robot bernama Xavier akan melakukan patroli di Toa Payoh selama tiga minggu dengan sesi uji coba mulai kemarin.
Tim Rumah Sains dan Teknologi (HTX) mengatakan Toa Payoh dipilih karena banyak pejalan kaki dan perilaku masa lalu yang tidak diinginkan terdeteksi oleh pejabat publik di daerah tersebut.

Jelas, robot Xavier akan mendeteksi perilaku yang tidak diinginkan dengan mengirimkan peringatan ke pusat komando dan kontrol serta menampilkan pesan di dasbornya untuk mengedukasi publik untuk mencegah perilaku terlarang.

Misalnya, ketika Xavier menemukan seseorang merokok di area terlarang, ia akan menampilkan pesan di dasbor interaktifnya selain mengirimkan pesan audio untuk memberi tahu perokok untuk berhenti.

Ketika robot melihat individu berkumpul dalam kelompok lebih dari lima orang, robot akan menginstruksikan mereka untuk mematuhi langkah-langkah manajemen yang aman seperti menjaga jarak satu meter dari satu sama lain.

Xavier melakukan perjalanan dengan kecepatan lima kilometer per jam (km/h) sementara rekaman video dari kameranya dikirim ke pusat kendali pada saat yang sama, memungkinkan pejabat publik untuk memantau beberapa robot secara bersamaan.

Petugas dapat menanggapi setiap insiden di lapangan melalui interkom dua arah atau menggunakan pesan audio yang telah direkam sebelumnya.

Robot Xavier juga memiliki berbagai jenis sensor yang dapat membantunya bergerak di ruang publiknya sendiri sambil menghindari rintangan seperti pejalan kaki dan kendaraan lain yang dilaluinya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)