Ini Dia 4 Ilmuwan Kelas Berat yang Ditugaskan Jeff Bezos Temukan Resep Umur Panjang

Jum'at, 10 September 2021 - 13:00 WIB
Selain Shinya Yamanaka (kanan atas) ketiga ilmuwan lainnya dikabarkan mendapatkan gaji luar biasa besar dari Jeff Bezos guna menemukan resep umur panjang. Foto/IST
JAKARTA - Salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos memiliki keinginan untuk menemukan resep umur panjang. Hal itu dia lakukan dengan berinvestasi jutaan dolar pada perusahaan rintisan atau start-up, Altos Labs. Lewat perusahaan rintisan itu Jeff Bezos berharap Altos Labs bisa mengembangkan teknologi buat memprogram ulang sel secara biologis, atau dengan kata lain dapat memperpanjang umur manusia.

Selain menanamkan modal di Altos Labs, Jeff Bezos juga mengajak empat orang ilmuwan untuk mewujudkan mimpinya. Keempatnya adalah Juan Carlos Izpisua Belmonte, Manuel Serrano, Prof. Steve Horvath dan Shinya Yamanaka.

Berikut ini beberapa background keempat ilmuwan tersebut dan hal-hal penting yang pernah mereka lakukan:

Shinya Yamanaka

Shinya Yamanaka adalah ilmuwan kelas berat karena pernah berhasil mendapatkan hadiah Nobel 2012 dalam Fisiologi atau Kedokteran. Shinya Yamanaka mendapatkan Nobel atas penemuannya tentang bagaimana mengubah sel kulit dewasa biasa menjadi sel yang mampu berkembang menjadi sel apapun dalam tubuh manusia.

Hal itu dia lakukan dengan menginjeksi sel yang dia namakan iPS. Sel itu kemudian dia coba pada tikus dan berhasil mengubah sel menjadi sel induk embrionik. Sel induk itu menurut Shinya Yamanaka sangat menjanjikan untuk pengobatan regeneratif, di mana organ dan jaringan yang rusak dapat diganti atau diperbaiki. Nah, dari situlah keinginan Jeff Bezos menemukan resep umur panjang bermula.

Juan Carlos Izpisua Belmonte

Juan Carlos Izpisua Belmonte adalah salah seorang ilmuwan Spanyol yang sangat berpengaruh. Dia pernah masuk dalam daftar 50 Ilmuwan Penting di Dunia di Bidang Kesehatan versi majalah Time.

Hanya saja dia pernah menjadi sorotan karena pernah mencampurkan embrio manusia dan primata dalam salah satu penelitiannya. Meski demikian Juan Carlos Ispisua Belmonte adalah salah satu ilmuwan yang paling canggih dalam bidang regenerasi. Wajar jika dia digaet oleh Jeff Bezos dalam misinya mencari resep umur panjang.