Jika Matahari Menghilang, Apa yang Terjadi Pada Bumi?

Selasa, 14 September 2021 - 17:00 WIB
loading...
Jika Matahari Menghilang, Apa yang Terjadi Pada Bumi?
Menghilangnya matahari dari Bumi diprediksi akan berlangsung lebih dari jutaan tahun. Foto/IST
JAKARTA - Matahari telah menjadi energi penting bagi kehidupan di planet bumi selama 4,5 miliar tahun terakhir. Lalu bagaimana jika matahari tiba-tiba menghilang?

Jika matahari menghilang, kemungkinan manusia di Bumi tidak akan mengetahuinya hingga sekitar 8,5 menit kemudian. Sebab tidak ada yang bergerak lebih cepat dari cahaya termasuk tarikan gravitasi dan kita tidak menyadari ada sesuatu yang hilang.

Namun, saat sinar matahari terakhir jatuh ke sisi lain bumi, matahari tiba-tiba menghilang dan Bumi akan diselimuti kegelapan. Lalu planet ini akan melakukan perjalanan ke ruang antar bintang dengan kecepatan 18 mil per detik, dikutip dari Futurism, Selasa (14/9/2021).

Baca juga : Nissan GT-R 2022 Goda Konsumen Mobil Sport yang Ingin Tampil Eksklusif



Dalam dua detik, bulan yang biasanya memantulkan sinar matahari juga menjadi gelap. Termasuk planet di tata surya yang berkedip terlihat di bumi juga berhenti memantulkan sinar matahari.

Suhu akan mulai turun dan bumi akan mulai membeku. Diperlukan jutaan tahun bagi planet ini untuk benar-benar membekukan benda padat, tetapi di atas kerak bumi, suhu akan turun di bawah 0 derajat Celcius dalam minggu pertama. Selanjutnya akan terus turun hingga mencapai -100 derajat dalam tahun pertama.

Bumi pada akhirnya akan stabil sekitar -240 derajat selama beberapa juta tahun sementara energi panas bumi masih bekerja.

Begitu juga dengan kehidupan makhluk bumi lainnya. Fotosintesis akan segera berhenti dan semua tanaman akan musnah.

Sebagian besar spesies di planet ini hanya akan bertahan dalam waktu singkat sebelum mereka juga musnah dalam peristiwa kepunahan terbesar dalam sejarah dunia kecil ini.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA