SpaceX Sukses Terbangkan 4 Astronot Sipil ke Luar Angkasa

Kamis, 16 September 2021 - 10:57 WIB
loading...
SpaceX Sukses Terbangkan 4 Astronot Sipil ke Luar Angkasa
4 Astronot Sipil berhasil terbang ke Luar Angkasa dengan roket SpaceX. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - SpaceX sukses menerbangkan empat astronot amatir dalam misi Inspiration4. Awak misi ini terdiri dari satu miliarder dan tiga warga sipil.

Mereka melesat dari fasilitas landasan milik NASA di Kennedy Space Center, Florida pada Kamis (16/9/2021). BACA JUGA - Ternyata Begini Cara Astronot Menentukan Kiblat dan Waktu Sholat

Ini menjadi momentum dalam wisata antariksa setelah sebelumnya Blue Origin dan Virgin Galactic lebih dulu sukses mengangkut manusia ke orbit Bumi untuk melihat keindahan planet ini.

Tidak seperti Virgin Galactic dan Blue Origin di mana awaknya hanya beberapa menit berada di orbit, misi SpaceX ini berlangsung jauh lebih lama yakni tiga hari.

Mengutip laporan BBC, mereka berempat menaiki pesawat Crew Dragon yang dilesatkan oleh roket Falcon 9. Pesawat itu mencapai ketinggian sekitar 575 kilometer, yang sekitar 150 kilometer lebih tinggi dari stasiun International Space Station (ISS).

4 astronot amatir itu akan menghabiskan waktu melakukan eksperimen ilmiah dan mengamati keindahan Bumi dari kubah kaca besar. Selama tiga hari mereka akan mengintari orbit barulah kemudian kembali ke Bumi.

Awak Inspiration4 terdiri dari Jared Issacman, Hayley Arceneaux, Sian Proctor, dan Chris Sembroski Issacman diketahui menjadi penyandang dana dan dia memilih tiga orang lain untuk menemaninya, yang dipilih olehnya melalui seleksi.

Sebelumnya keempat orang ini telah menjalani pelatihan intensif selama enam bulan dengan SpaceX. Meski begitu, mereka tetap dibantu dengan sistem komputer onboard yang akan mengendalikan kapsul Dragon mereka dengan diawasi oleh tim SpaceX di lapangan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)