Intip Alam Semesta, Inggris Bangun Teleskop Robotik Tercanggih di Dunia

Senin, 20 September 2021 - 19:23 WIB
loading...
Intip Alam Semesta, Inggris Bangun Teleskop Robotik Tercanggih di Dunia
Desain teleskop canggih Inggris yang akan dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Foto/Kinsonov Architects/LJMU
A A A
LONDON - Inggris berambisi untuk memimpin di bidang ilmu luar angkasa dengan membangun teleskop robotik tercanggih di dunia. Dengan menggunakan kecerdasan buatan, teleskop ini akan menjelajahi setiap alam semesta lebih cepat.

Liverpool John Moores University (LJMU) akan mulai membangun teleskop robotik terbesar dan tercepat di dunia dalam waktu dekat setelah menerima dana sebesar £4 juta dari Science and Technology Facilities Council (STFC).

LMJU saat ini memiliki dan mengoperasikan teleskop robotik besar lainnya di Kepulauan Canary, Liverpool Telescope (LT) yang telah dijalankannya sejak 2004. Teleskop ini dikendalikan oleh manusia sehingga kurang cepat dalam meneliti objek.

BACA: Jasa-jasa Tak Terlupakan Teleskop Arecibo sang Pencari Alien Pertama di Dunia

Teleskop yang akan dibangun nanti dikendalikan oleh kecerdasan buatan (AI), yang berarti dapat membantu para astronom Liverpool menjelajahi pelosok alam semesta dengan cepat.

Dengan membangun teleskop terbesar di dunia, para astronom Inggris akan dapat menemukan misteri ini lebih cepat daripada siapa pun.

Teleskop canggih ini nantinya juga akan dipasang di Kepulauan Canary. Teleskop ini empat kali lebih sensitif dan 10 kali lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya.

Dr Chris Copperwheat, LT Astronomer in Charge di LJMU, mengatakan, tujuan pembangunan teleskop robotik canggih pertama bukan hanya menjadi lebih besar tetapi juga lebih cepat.

BACA JUGA: Bank Utama Venezuela Digempur Serangan Siber

"Jadi nanti akan ada pengontrol robot yang akan bergerak cepat jika ada satu objek dimana peneliti akan mendapatkan wawasan paling awal," katanya kepada Express.co.uk.

Menurut ahli, ini adalah area di mana Inggris saat ini berada di garis depan dan di mana orang lain berusaha mengejar.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1518 seconds (10.177#12.26)