NASA: Gugatan Blue Origin Bisa Tunda Misi Artemis Tahun 2024

Sabtu, 25 September 2021 - 20:59 WIB
loading...
NASA: Gugatan Blue Origin Bisa Tunda Misi Artemis Tahun 2024
Rencana NASA untuk mengirimkan kembali manusia ke Bulan dalam misi Artemis tahun 2024 kemungkinan akan tertunda. Foto/dok
A A A
WASHINGTON - Rencana NASA untuk mengirimkan kembali manusia ke Bulan dalam misi Artemis tahun 2024 kemungkinan akan tertunda.

Direktur NASA Bill Nelson mengaku belum bisa memastikan kapan misi Artemis benar-benar bisa dilakukan. Ini dilontarkan Nelson untuk menanggapi pertanyaan Associated Press soal kelangsungan Misi Artemis 2024.

"Untuk saat ini kami tidak tahu. Kami akan bergerak dengan semua pengiriman segera setelah menyelesaikan ranah hukum," katanya seperti dikutip IFL Science, Sabtu (25/9/2021).

BACA: Biar Mulus Pindahkan Manusia ke Mars, NASA Kontrak 5 perusahaan Roket

Penasaran dengan jawaban tersebut, Business Insider menghubungi NASA dan mengonfirmasi bahwa Nelson merujuk pada gugatan Blue Origin.

Seperti diketahui, mantan Wakil Presiden AS Mike Pence mengumumkan pada 2019 bahwa AS akan menempatkan manusia di Bulan lagi pada 2024. Saat itu sejumlah kritikus sangat skeptis dengan pernyataan Pence.

Dengan tidak adanya perusahaan yang membangun sistem pendaratan, tenggat waktu yang singkat sepertinya itu tampak tidak mungkin. Meskipun perkembangan pesat perusahaan ruang angkasa swasta menawarkan secercah harapan (dan pembagian anggaran).

Setelah NASA mengumumkan bahwa SpaceX memenangkan kontrak untuk penerbangan misi ke bulan, Blue Origin melayangkan gugatan. Kondisi inilah yang menyebabkan NASA belum bisa memastikan Misi Artemis akan tetap berjalan pada tahun 2024.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1423 seconds (10.55#12.26)