Bukan T-Rex, Dinosaurus Pemakan Daging Tertua Ini Dijuluki Si Kepala Naga

Rabu, 06 Oktober 2021 - 20:17 WIB
loading...
Bukan T-Rex, Dinosaurus Pemakan Daging Tertua Ini Dijuluki Si Kepala Naga
Ilustrasi Pendraig yang digambarkan memiliki gigi tajam dan memangsa reptil-reptil kecil. Foto: dok BBC
A A A
JAKARTA - Pendraig milnerae adalah dinosaurus pemakan daging tertua yang pernah ditemukan di Inggris.

Fragmen-fragmen fosil kecil itu digali di sebuah tambang di Welsh setengah abad lalu. Tepatnya, ada empat fragmen. Dan sekarang, ilmuwan akhirnya menetapkannya sebagai spesies dinosaurus baru.

Para peneliti di Natural History Museum (NHM) London sepakat bahwa Pendraig Milnerae adalah dinosaurus pemakan daging tertua yang pernah ditemukan di Inggris. Dari hasil penelitian mereka, perkiraan usianya mencapai 200 juta tahun.



Nama Pendraig berarti ”Kepala Naga” dalam bahasa Wales. Pada masanya, hewan ini berada di puncak rantai makanan atau pemangsa teratas di lingkungannya.

Tapi jangan bayangkan ukurannya sebesar T-Rex atau Velociraptor yang ada di film Jurrasic Park. ” Pendraig masuk di jenis theropoda. Ukurannya hanya sebesar ayam, dengan ekor yang sangat panjang dan berjalan dengan dua kaki,” ujar Stephan Spiekman dari NHM.

Eksistensi Pendraig memang dibuktikan hanya lewat empat potongan tulang, yang disimpulkan bahwa hewan itu adalah vertebra, karena memiliki panggul dan tulang paha.

Usia Pendraig ini benar-benar tua. Diperkirakan, umurnya mencapai 214 juta tahun. Artinya, sangat dekat dengan kemunculan pertama dinosaurus di muka bumi.

Bahkan, ketika T-Rex dan Velociraptor baru mondar-mandir di bumi, Pendraig sudah lama menjadi fosil. ”Empat fragmen fosil ini kondisinya sangat utuh dan tidak terdistorsi. Fosilnya benar-benar berbentuk tiga dimensi,” kata Dr Spiekman kepada BBC News.

Menurut Spiekman, penelitian terhadap Pendraig memberi banyak informasi terhadap awal evolusi dinosaurus, hewan yang pernah mendominasi bumi.



Bukan T-Rex, Dinosaurus Pemakan Daging Tertua Ini Dijuluki Si Kepala Naga

Nama belakang Pendraig Milnerae sendiri diambil dari nama peneiliti dinosaurus Inggris Angela Milner, yang tutup usia pada Agustus 2021 silam. Angela sempat menjadi peneliti di NHM, dan membuka banyak sekali penemuan-penemuan dinosaurus baru. Salah satunya hewan bernama Baryonyx, yang terhubung juga dengan Pendraig.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2593 seconds (0.1#10.140)