Hitung-hitungan Sains Soal Larangan Pesawat Melintasi Kakbah dan Area 51

Kamis, 07 Oktober 2021 - 16:17 WIB
loading...
Hitung-hitungan Sains Soal Larangan Pesawat Melintasi Kakbah dan Area 51
Di dunia, setidaknya ada 2 wilayah yang dihindari pesawat karena berbagai alasan. FOTO/ IST
A A A
NEVADA - Larangan pesawat untuk melintasi Kakbah dan Area 51 di pangkalan Angkatan Udara Nellis Amerika Serikat (USAF) menurut hitung-hitungan sains tak berlaku dari kesucian dan kesakralan tempat tersebut.

Meskipun pesawat sudah dilengkapi dengan teknologi super canggih, tetap saja memiliki batasan-batasan tertentu. Hal itulah yang pada akhirnya membuat pesawat menghindari wilayah tertentu.
Di dunia, setidaknya ada 2 wilayah yang dihindari pesawat karena berbagai alasan. Dihimpun dari berbagai sumber SINDOnews coba mengulas dari sudut pandang sains.

Sebagai Kiblat umat Muslim di seluruh penjuru dunia, sudah menjadi rahasia umum lagi jikalau Kakbah mendapatkan ‘perlakuan khusus’.

Ditambah dengan posisi dari Kakbah yang terletak di tengah-tengah masjid paling suci dalam agama Islam, Masjidil Haram.

Rumor yang beredar itu dikarenakan Kakbah memiliki gelombang magnet yang sangat besar sehingga pesawat tidak diperkenankan untuk mengudara di atasnya.

Akan tetapi, itu hanya rumor belaka. Menurut pilot kawakan berkebangsaan Arab Saudi, Hasan Al Ghamidi, alasan kenapa pesawat dilarang melintas di atas ka’bah karena menjaga kenyamanan dan keselamatan para jemaah haji dan umrah.

“Karena posisi Kota Mekah berada di wilayah pegunungan, ketika ada pesawat yang melintas maka suara pesawat akan memantul dan menimbulkan efek buruk bagi para jamaah haji atau umrah,” jelasnya.

Sebetulnya, alasan kenapa pesawat dilarang melintas di atas Kakbah sama halnya dengan alasan kenapa pesawat tidak diperbolehkan terbang di atas fasilitas militer sebuah negara, seperti Area 51 Amerika Serikat, Rusia, dan Korea Utara.

Terlebih, fasilitas militer tempat pengembangan senjata atau teknologi sangat rahasia.

Area 51 merujuk pada lokasi di peta dan nama populer pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat. Pangkalan ini berlokasi di Danau Groom, danau kering di gurun Nevada, sekitar 135 kilometer di sebelah utara Las Vegas.

Apa yang terjadi di dalamnya sangat rahasia. Masyarakat umum tidak diperkenankan mendekat. Banyak tanda peringatan, pengawasan elektronik , an penjaga bersenjata.

Meskipun informasi resmi tentang Area 51 sangat minim, diyakini bahwa militer AS terus menggunakan Area 51 untuk mengembangkan pesawat mutakhir.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)