Covid-19 dan Varian Delta Desak Evyd Technology Bangun Sistem Kesehatan

Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:18 WIB
loading...
Covid-19 dan Varian Delta Desak Evyd Technology Bangun Sistem Kesehatan
(Special Ministerial Conference for ASEAN Digital Public Health), bertema Berkolaborasi untuk Dunia yang Lebih Bahagia dan Lebih Sehat Pasca Pandemi pada 6-7 Oktober 2021. FOTO/ IST
A A A
BANDAR SERI BEGAWAN - Pandemi Covid-19 dan hadirnya varian Delta ikut mendorong adanya revolusi terhadap sistem perawatan kesehatan yang tangguh dengan menghadirkan perangkat teknologi kesehatan terbaru.

Untuk itu, EVYD Knowledge Hub dari EVYD Technology menggelar peluncuran Konferensi Tingkat Menteri Khusus untuk Kesehatan Masyarakat Digital ASEAN (Special Ministerial Conference for ASEAN Digital Public Health), bertema “Berkolaborasi untuk Dunia yang Lebih Bahagia dan Lebih Sehat Pasca Pandemi” pada 6-7 Oktober 2021.

Konferensi itu Diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan dan Ekonomi di Brunei Darussalam bersama dengan Kementerian Kesehatan di Brunei Darussalam, Badan Investasi Brunei dan Yayasan Temasek.

Konferensi ini menyoroti urgensi bagi para pemimpin ASEAN untuk berkolaborasi dan menyusun strategi solusi yang layak dan berkelanjutan untuk membangun sistem perawatan kesehatan yang tangguh yang dapat menghadapi tantangan ke depan.

COVID-19 dan wabah varian Delta telah mengekspos kerentanan dalam sistem perawatan kesehatan global, memperkuat kebutuhan akan kolaborasi regional dalam menavigasi pandemi skala ini.

Menurut Institute of International Finance (IIF), lockdown dan merebaknya varian Delta Covid-19 telah memberikan dampak negatif pada pemulihan ekonomi Asean-5 yang terdiri dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Menyadari urgensi untuk memperkuat infrastruktur layanan kesehatan publik, EVYD Knowledge Hub mendorong kesadaran tentang pentingnya kolaborasi, pembelajaran silang, penelitian, dan digitalisasi dalam memberdayakan pembuatan kebijakan ilmiah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Sebagai perusahaan yang didirikan di masa pandemi, kami menyaksikan secara langsung kerugian yang ditimbulkan oleh sistem perawatan kesehatan dan penyedia layanan kesehatan. Oleh karena itu, kami merasa terhormat memiliki kesempatan untuk menyelenggarakan konferensi ini bersama dengan Kementerian Brunei Darussalam dan Yayasan Temasek, dengan tujuan menyatukan para pemimpin ASEAN untuk mempelopori pembicaraan tentang pentingnya berbagi pengetahuan dan peran data dan teknologi dalam meningkatkan pembuatan kebijakan perawatan kesehatan masyarakat,” kata Chua Ming Jie, Chief Executive Officer, EVYD Technology.

Konferensi dua hari yang diikuti oleh lebih dari 50 pembicara dibuka Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, Menteri Keuangan dan Ekonomi II Brunei Darussalam Amin Liew Abdullah, dan Menteri Kesehatan Brunei Darussalam Haji Mohammad Isham bin Haji Jaafar.

Terdiri dari empat panel, dua sesi keynote dan diskusi informal, hari pertama berfokus pada diskusi seputar pelajaran yang dipetik dari Covid-19, peran penelitian dan digitalisasi dalam pembentukan kebijakan kesehatan masyarakat, serta pemulihan dan kesiapsiagaan di masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)