Ursa Mayor dan Ursa Minor Cara Pelaut Kuno Mencari Arah Seakurat GPS

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 17:31 WIB
loading...
Ursa Mayor dan Ursa Minor Cara Pelaut Kuno Mencari Arah Seakurat GPS
Ursa Mayor dan Ursa Minor teknologi kuno untuk menentukan arah seakurat GPS. FOTO/ IST
JAKARTA - Ursa Mayor dan Ursa Minor cara pelaut kuno mecari arah jauh sebelum ada kompas dan GPS. Ursa Mayor dan Ursa Minor sangat berperan bagi pelaut dalam menentukan arah seakurat GPS.

Ursa Mayor dan Ursa Minor adalah rasi bintang sering digunakan pelaut sebagai petunjuk arah mata angin, terlebih lagi oleh orang-orang yang sering melakukan pelayaran. BACA JUGA - Google Maps Bakal Punya Fitur Baru Lite Navigation, Apa itu?

Berada di tengah laut, membuat pelaut dapat melihat dengan jelas susunan bintang di langit yang membentuk konstelasi. Berikut panduan mencari Ursa Mayor dan Ursa Minor cara pelaut kuno mencari arah.

1. Ursa Mayor.



Ursa Mayor merupakan rasi bintang yang berarti "beruang besar". Rasi ini dijadikan sebagai patokan untuk menunjukkan arah utara oleh para pelaut ketika malam hari.

Ursa mayor berada tepat di atas kutub utara sepanjang tahun sehingga disebut-sebut sebagai penguasa langit utara.

Pada rasi ini, terdapat 7 bintang dan dikenal sebagai konstelasi bintang tujuh. Bintang yang paling terang di rasi ini adalah Polaris yang sering disebut sebagai bintang kutub atau bintang utara.

2. Ursa Minor.

Uras Minor adalah rasi bintang kecil di Belahan Bumi Utara, terdiri dari 25 bintang yang terlihat. Tujuh terbesar dari mereka membentuk pola ember di langit, yang pegangannya diselesaikan oleh Bintang Utara.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA