Fenomena Alam Ubah Gurun Pasir Atacama Jadi Kebun Bunga

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 00:03 WIB
loading...
Fenomena Alam Ubah Gurun Pasir Atacama Jadi Kebun Bunga
Mekarnya bunga di gurun pasir merupakan fenomena alam yang terjadi setiap lima sampai tujuh tahun sekali dengan hamparan pasir kering berubah menjadi hamparan taman bunga berwarna ungu. FOTO/ IST
SANTIAGO - Gurun Atacama di Chili terlihat berwarna-warni setelah bunga liar bermekaran di lanskap tandus.

Pemandangan yang unik membuat pemerintah daerah berencana untuk mengembangkan sistem irigasi yang akan membuat panorama khusus mata air di sana lebih sering. BACA JUGA - Bumi Bocor! Air Danau Terbesar di Turki Menghilang

Mekarnya bunga di gurun pasir merupakan fenomena alam yang terjadi setiap lima sampai tujuh tahun sekali dengan hamparan pasir kering berubah menjadi hamparan taman bunga berwarna ungu.

Proyek sistem irigasi buatan yang diusulkan oleh Kementerian Pertanian Atacama bertujuan untuk menghasilkan bunga lebih sering, yaitu sepanjang Agustus hingga September setiap tahun.

Namun, warga, pengamat lokal, dan pihak berwenang seperti Gubernur Atacama Miguel Vargas khawatir bunga liar yang bermekaran di daerah gurun bisa berdampak negatif.



"Kami tidak setuju dengan ide ini. Kita lihat apa alasan ilmiah dari pengumuman itu yang akan mengganggu fenomena alam seperti pembungaan buatan,” ujarnya seperti dilansir dari ABCnews Jumat (15/10/2021).

Gurun Atacama terkenal dengan atraksinya bagi wisatawan seperti taman nasional, pantai, dan pemandangan gunung.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA