Patung Kepala Domba Peninggalan Firaun Amenhotep III Ditemukan di Mesir

Kamis, 21 Oktober 2021 - 23:57 WIB
loading...
Patung Kepala Domba Peninggalan Firaun Amenhotep III Ditemukan di Mesir
Patung raksasa kepala domba jantan yang diperkirakan peninggalan Firaun Amenhotep III ditemukan di selatan Kuil Karnak Luxor, Mesir. Foto/dok
KAIRO - Tiga patung raksasa kepala domba jantan yang diperkirakan peninggalan Firaun Amenhotep III ditemukan di selatan Kuil Karnak Luxor, Mesir.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan bahwa tiga kepala domba jantan raksasa telah ditemukan oleh tim arkeologi Mesir di selatan gerbang yang dibangun oleh Ptolemy antara tahun 305 SM dan 30 SM.

Mustafa Waziri, Sekjen Dewan Tertinggi Purbakala Mesir mengatakan, pada zaman kuno, kepala domba jantan ini adalah bagian dari tiga patung besar yang memiliki tubuh yang agak mirip sphinx.

Patung-patung itu ditempatkan di jalan besar yang mengarah ke selatan, membentang sejauh 2,7 kilometer antara Kuil Karnak dan Kuil Luxor.



BACA: Penyebab Mulut Firaun Menganga Ketika Mati

Jalan ini sering disebut "jalan sphinx " dan terdapat sekitar 700 patung. Diperkirakan 700 sphinx berjajar di rute antara kuil Karnak dan Luxor.

"Ahli Mesir Kuno sedang dalam proses melestarikan patung kepala domba jantan dan akan menempatkannya kembali pada badan patung tersebut," kata Waziri dalam pernyataannya seperti dikutip Live Science, Kamis (21/10/2021).

Melalui halaman Facebook, Waziri mengatakan kalau para arkeolog juga menemukan sisa-sisa patung kobra. Patung kobra ini awalnya berada di atas salah satu kepala domba jantan, sehingga tim konservasi berencana untuk memasangnya kembali.

BACA JUGA: Gempur Kawasaki W250, GPX Legend 250 Berubah Total

Waziri mengatakan, tim sedang menyelidiki usia dari patung tersebut. Namun dari desainnya diperkirakan berasal dari masa pemerintahan Amenhotep III, yang memerintah Mesir antara 1390 SM dan 1352 SM.



Firaun Amenhotep III adalah salah satu penguasa Mesir yang merupakan kakek dari Raja Tutankhamun. Saat ini penggalian, analisis, dan pekerjaan konservasi sedang berlangsung.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA