Berapa Jumlah Bintang di Langit, Ini Jawabannya

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 06:08 WIB
Dari ini ia bisa menemukan jumlah galaksi yang mirip dengan Bima Sakti. Hasilnya, ada sekitar 100 miliar.

Jadi, berapa jumlah bintang di alam raya ini? Ingat, bahwa Bima Sakti punya sekitar 200 miliar bintang. Kita ambil saja bahwa rata-rata satu galaksi punya 100 miliar bintang.

Dengan demikian, jumlah bintang di alam semesta ini, setidaknya adalah 100 miliar dikalikan 100 miliar atau sama dengan 10.000.000.000.000.000.000.000, satu diikuti oleh 22 nol.

Sepuluh sextillion. Ada setidaknya 10 sextillion bintang di alam ini, jumlah yang sangat besar.

Sekarang, mari kita coba hitung jumlah keseluruhan butir pasir di semua pantai yang ada di muka bumi.

Untuk menentukannya, kita harus mengetahui panjang, lebar, dan kedalaman semua pantai berpasir.

Untuk membantu kita mendapatkan angka tersebut, kita bisa memulainya dengan menentukan garis pantai dunia.

Sayangnya tidak ada kesepakatan mengenai panjang garis pantai dunia, antara lain disebabkan oleh terus berubahnya pantai itu sendiri.

Meski begitu, Gennadiy Donchyts, mengajukan data yang kira-kira bisa diterima. Ia adalah peneliti yang bersama beberapa pakar memperkirakan panjang garis pantai dan menentukan di mana saja ada pasir di pantai-pantai tersebut.

Data yang ia ajukan didasarkan pada OpenStreetMap, proyek pemetaan kolaboratif yang diikuti oleh sekitar dua juta orang di seluruh dunia.