NASA Larang Astronot Gunakan Toilet di Kapsul SpaceX Saat Kembali ke Bumi

Senin, 01 November 2021 - 17:03 WIB
loading...
NASA Larang Astronot Gunakan Toilet di Kapsul SpaceX Saat Kembali ke Bumi
Astronot yang akan kembali ke Bumi tidak bisa menggunakan toilet yang ada di kapsul SpaceX Dragon. Foto/SpaceX
A A A
JAKARTA - Astronot yang akan kembali ke Bumi tidak bisa menggunakan toilet yang ada di kapsul SpaceX Dragon. Ini karena NASA khawatir adanya kebocoran kantung urin di toilet tersebut.

Dilansir dari Space, Senin (1/11/2021) pejabat NASA mengatakan bahwa toilet SpaceX di Crew Dragon Endeavour akan dilarang digunakan bagi empat astronot misi Crew-2 berikutnya begitu mereka meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada awal November.

Penyebabnya karena adanya kemungkinan kebocoran kantong urin di toilet seperti yang terlihat di penerbangan sipil Inspiration4 pada September lalu.



SpaceX sejak itu mendesain ulang toiletnya untuk menghindari kebocoran pada penerbangan masa depan.

“Tujuan kami adalah untuk tidak menggunakan sistem sama sekali untuk perjalanan pulang karena apa yang telah kita lihat dengan cairan yang kita bicarakan,” ujar Steve Stitch, manajer NASA’s Commercial Crew.

Peluncuran astronot Crew-3 sendiri telah ditetapkan untuk pekan depan. “Kami memiliki cara lain untuk memungkinkan kru melakukan aktivitas yang mereka butuhkan,” kata Stitch.

Karena tidak bisa menggunakan toilet, para crew menggunakan cara lain yakni dengan menggunakan pakaian dalam. Alat pengelolaan 'limbah' ini telah lama digunakan para astronot untuk buang air kecil saat mengenakan pakaian luar angkasa di waktu peluncuran, pendaratan, atau perjalanan luar angkasa.



Para astronot yang kembali ke Bumi dalam misi Crew-2 adalah Shane Kimbrough dan Meghan McArthur dari NASA , astronot Japan Aerospace Exploration Agency Akihiko Hoshide dan astronot Thomas Pesquet dari European Space Agency.

Mereka diluncurkan ke stasiun pada bulan April lalu dan direncanakan untuk kembali ke Bumi pada 4 November.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)