4 Astronot Crew-3 NASA Sukses Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kamis, 11 November 2021 - 13:33 WIB
loading...
4 Astronot Crew-3 NASA Sukses Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional
Roket Falcon 9 meluncurkan empat astronot dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada Rabu (10/11/2021) pukul 21.03 waktu setempat. Foto/NASA/SpaceX
A A A
FLORIDA - Empat astronot NASA sukses meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) setelah lepas landas dari NASA Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada Rabu (10/11/2021) pukul 21.03 waktu setempat. Ini merupakan peluncurkan kelima yang dilakukan NASA mengirimkan astronot ke ISS.

Keempat astronot dalam misi Crew-3, terdiri dari tiga astronot NASA, yaitu Raja Chari, Tom Marshburn, dan Kayla Barron serta satu astronot Jerman Matthias Maurer dari Badan Antariksa Eropa, diluncurkan dengan roket Falcon 9 SpaceX. Para astronot yang berada di dalam kapsul Crew Dragon SpaceX, sudah berada di orbit, sebelum berlabuh di ISS.

"Selamat datang di orbit," kata kontrol misi SpaceX kepada kru ketika mereka berpisah dari roket SpaceX. “Semoga Anda menikmati perjalanan dari (Falcon 9). Kapsul Dragon akan membawamu dari sini. Perjalanan aman," lanjutnya seperti dikutip theverge.com. (Baca juga; NASA Tunda Misi Pendaratan ke Bulan hingga 2025 )

Setelah berhasil mengantarkan kapsul Crew Dragon yang membawa keempat astronot ke orbit rendah Bumi, satelit Falcon 9 kemudian kembali ke Bumi. Pendaratan dilakukan di Samudera Atlantik dengan prosedur standar roket SpaceX. (Baca juga; Setelah 199 Hari di Luar Angkasa, 4 Astronot NASA Tiba Kembali di Bumi )

4 Astronot Crew-3 NASA Sukses Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional

Ini adalah misi kru operasional ketiga SpaceX untuk NASA sebagai bagian dari Program Kru Komersial agensi. Setiap misi, termasuk Crew-3, seharusnya berlangsung sekitar enam bulan, dengan SpaceX bertanggung jawab untuk meluncurkan astronot dan juga membawa mereka pulang lagi. Para astronot Crew-3 dijadwalkan pulang sekitar musim semi 2022.

Keempat astronot dari misi Crew-3 akan disambut tiga astronot lain yang sudah tinggal di ISS, yaitu astronot NASA Mark Vande Hei dan kosmonot Rusia Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov. Begitu berada di dalam stasiun, ketujuh penghuni akan melakukan upacara penyambutan singkat. Maruer secara resmi adalah orang ke-600 yang terbang ke luar angkasa, sementara Barron adalah yang ke-601.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4154 seconds (0.1#10.140)