Negara Tanpa Sungai di Dunia, Ini Penyebabnya

Kamis, 11 November 2021 - 13:45 WIB
loading...
Negara Tanpa Sungai di Dunia, Ini Penyebabnya
Ada 18 negara tanpa sungai di dunia, itu belum termasuk 14 teritori lainnya. Ada 4 ciri negara tanpa sungai, salah satunya negara yang terletak di gurun pasir, Foto/Ist
A A A
Ada 18 negara tanpa sungai di dunia, itu belum termasuk 14 teritori lainnya. Ada 4 ciri negara tanpa sungai , yaitu negara yang terletak di gurun pasir, negara kepulauan, negara kepulauan kluster, dan negara dalam negara.

Negara yang terletak di kawasan gurun pasir banyak yang tidak memiliki sungai karena beriklim arid dan semi-arid yang memiliki curah hujan sedikit, bahkan tidak hujan sama sekali sepanjang tahun. Meskipun tidak punya sungai, negara di gurun pasir ditemukan wadi atau dasar sungai yang kering secara permanen.

Negara kepulauan yang dikelilingi lautan wilayahnya kecil dan datar sehingga tidak bisa membentuk sungai. Walaupun curah hujan cukup tinggi, di negara-negara kepulauan tidak memungkinkan sungai untuk mengalir. (Baca juga; Buaya di Sungai Amazon, Black Caiman, Predator Terkuat di Atas Anakonda dan Piranha )

Negara kepulauan kluster biasanya bukan pulau-pulau yang membentuk negara-negara, tapi gugusan atol (pulau karang) yang kecil dan tersebar di cakupan wilayah yang luas. Atol-atol ini tentu saja tidak memungkinkan dialiri sungai secara permanen karena wilayahnya yang sangat kecil.

Negara dalam negara memiliki wilayah yang sangat kecil, sehingga tidak ada sungai. Di dunia hanya ada 2 negara dalam negara tanpa sungai, yaitu Vatikan di Italia dan Monako di wilayah Prancis. (Baca juga; Begini Proses Terjadinya Ombak di Sungai Kampar atau Bono Kampar )

Berikut daftar negara tanpa sungai di dunia, yaitu;
Arab Saudi
Bahamas
Bahrain
Komoro
Kiribati
Kuwait
Maladewa
Malta
Kepulauan Marshall
Monako
Nauru
Oman
Qatar
Tonga
Tuvalu
Uni Emirat Arab
Vatikan
Yaman
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)