Begini Proses Pengolahan Minyak Bumi Menjadi BBM

Kamis, 11 November 2021 - 15:26 WIB
loading...
Begini Proses Pengolahan Minyak Bumi Menjadi BBM
Proses pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak (BBM) melalui proses panjang. Foto/Ilustrasi/laman synergysolusi
A A A
Proses pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak ( BBM ) melalui proses panjang dibagi dalam 5 tahapan. Proses ini untuk memisahkan komponen hidrokarbon, mengubah struktur, dan komposisinya sehingga diperoleh produk yang bermanfaat untuk bahan bakar.

Proses pengolahan minyak bisa digolongkan menjadi lima bagian, yaitu Destilasi, Cracking, Reforming, Treating, dan Blending. Destilasi, yakni penyulingan berdasarkan perbedaan titik didih. Proses ini sering disebut sebagai proses primer karena yang dihasilkan adalah produk-produk dasar, seperti gas, nafta, dan minyak tanah.

Dikutip dari laman ilmugeografi, cracking adalah proses pengolahan minyak bumi untuk menguraikan molekul-molekul besar senyawa hidrokarbon menjadi molekul hidrokarbon yang lebih kecil. Proses reforming adalah proses mengubah struktur pada molekul fraksi yang mutunya buruk menjadi molekul fraksi yang mutunya lebih baik.

Proses Treating adalah proses pemurnian fraksi minyak bumi dengan menghilangkan bahan-bahan yang tidak bermutu selama proses pengolahan, seperti bau tidak sedap, parafin, lumpur dan warna, aspal, serta belerang. (Baca juga; OPEC Bakal Jaga Harga Minyak Mentah Dunia di Posisi USD70 per Barel )

Proses Blending dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk siap pakai dengan cara menambahkan bahan-bahan aditif ke dalam fraksi minyak bumi. Salah satu bahan aktif yang digunakan adalah TEL (tetra ethyl lead) untuk menaikkan bilangan oktan.

Setelah melalui proses ini maka hasil dari pengolahan minyak bumi mutunya menjadi lebih baik dan menjadi bahan yang siap pakai. Salah satu kanal distribusi minyak dan gas bumi adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). (Baca juga; Bisa Pantau BBM, StartGPS S910 dan S910 Hadirkan Data Realtime Kendaraan )

Dikutip dari laman synergysolusi, biasanya dari satu barel minyak mentah akan didapatkan 5 liter aspal, 6 liter elpiji, 15 liter bahan bakar pesawat, 35 liter solar, 73 liter bensin, dan 25 liter produk lainnya. Elpiji merupakan hasil pengolahan minyak bumi berupa gas cair yang memiliki unsur hidrokarbon ringan.

Bensin merupakan produk olahan minyak bumi yang sangat terkenal untuk bahan bakar motor dan mobil. Solar pada umumnya digunakan untuk bahan bakar mesin diesel, baik itu mesin kendaraan ataupun mesin industri.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)