Cara Ikan Hiu Berkembang Biak, Terbagi dalam Tiga Proses Berbeda

Minggu, 14 November 2021 - 17:48 WIB
loading...
Cara Ikan Hiu Berkembang Biak, Terbagi dalam Tiga Proses Berbeda
Cara hiu berkembang biak cukup unik. Dari sekitar 450 spesies ikan hiu yang ada punya cara berkembang biak berbeda. Foto/Ist/sharktrust
A A A
CARA HIU berkembang biak cukup unik. Dari sekitar 450 spesies ikan hiu yang ada punya cara berkembang biak berbeda. Dari laman sharktrust diketahui, secara umum ikan hiu berkembang biak dengan tiga cara, yaitu bertelur (Ovipar), bertelur dan melahirkan (Ovovivipar), dan melahirkan (Vivipar).

Pertama dengan cara bertelur (Ovipar)
Beberapa jenis hiu yang berkembang biak dengan cara bertelur, yaitu hiu karpet, hiu bambu, swell shark, catshark, dan horn shark. Seekor hiu betina menghabiskan waktu lama untuk bertelur dan memastikan telur-telur itu berada di tempat yang aman. Diperlukan waktu antara 6-9 bulan sebelum mereka siap menetas.

Hiu menghasilkan telur yang terbungkus dalam cangkang telur berkulit yang keras. Tergantung pada spesiesnya, fiturnya seperti sulur melengkung, tanduk dan filamen lendir lengket menempelkan cangkang telur ke terumbu karang atau rumput laut. Di sini embrio berkembang. (Baca juga; Hiu Tutul Sudah 4 Kali Terdampar di Pangandaran Selama Juli-Agustus, Ada Apa? )

Kapsul pelindung bertindak sebagai mesin pendukung kehidupan, berisi semua yang dibutuhkan. Embrio menyerap nutrisi dari kantong kuning telur sebelum menetas. Kotak telur kosong sering ditemukan terdampar di pantai. Ini menunjukkan spesies hiu berasal, ukuran, dan bentuknya.

Kedua dengan cara bertelur dan beranak (Ovovivipar)
Dari laman sharksider disebutkan jenis hiu yang berkembang biak dengan cara Ovovivipar, antara lain hiu putih (great white shark), hiu buaya, hiu greenland, hiu gergaji, hiu macan pasir, hiu harimau, dan angelsharks yang mirip ikan pari.

Ketika bereproduksi hiu betina bertelur. Namun, telurnya tidak ditaruh di salah satu tempat, tapi tetap berada di dalam tubuhnya. Jadi telur itu tetap aman dari predator dan embrio ikan hiu berkembang di dalam cangkang telur yang memiliki membran tipis.
Cara Ikan Hiu Berkembang Biak, Terbagi dalam Tiga Proses Berbeda

Hiu Tanduk (sejenis Port Jackson) bertelur besar berbentuk spiral dan diletakkan di antara bebatuan di dasar laut. Foto/Ist/ sharktrust.

Setelah berkembang, bayi hiu akan menetas di dalam induknya, yang kemudian akan melahirkan anak-anaknya. Pada beberapa spesies, anak hiu tidak segera lahir setelah menetas. Sebaliknya mereka tinggal di dalam rahim dan memberi makan dari telur yang tidak dibuahi. Ini dikenal sebagai oophagy.

Bahkan anak hiu Sandtiger tidak hanya memakan telur yang tidak dibuahi, tetapi juga saudara kandungnya yang belum menetas! Ini disebut kanibalisme intrauterin. (Baca juga; Punya Nafsu Makan Besar, Ternyata Paus Berperan Penting Sebagai Sumber Nutrisi di Laut )

Ketiga dengan cara melahirkan atau beranak (Vivipar)
Beberapa jenis hiu yang melahirkan atau vivipar, yaitu Bull shark, Blue shark, dan Hammerhead shark. Vivipar adalah metode reproduksi yang paling canggih. Bayi hiu berkembang di dalam tubuh induknya, menerima nutrisi dan oksigen melalui tali pusar.

Ini adalah metode yang sama yang digunakan oleh mamalia. Tapi, tidak seperti mamalia, ketika anak-anaknya lahir, mereka langsung mandiri dan harus berjuang sendiri.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)