Penjelajah Mars NASA Kumpulkan Sampel Batuan Hijau Sarat Mineral

Kamis, 18 November 2021 - 08:39 WIB
Penjelajah Mars NASA Kumpulkan Sampel Batuan Hijau Sarat Mineral
Wahana penjelajah Mars milik NASA, Perseverance berhasil mengumpulkan sampel batu berwarna kehijauan yang sarat dengan mineral. Foto/cnet
FLORIDA - Wahana penjelajah Mars milik NASA, Perseverance berhasil mengumpulkan sampel batu berwarna kehijauan yang sarat dengan mineral. Penjelajah Perseverance mengumpulkan potongan-potongan kecil batuan Olivin dari planet Mars dan menempatkannya dalam tabung sampel untuk diamankan.

NASA sedang mengembangkan misi untuk mengambil sampel yang dikumpulkan rover dan membawanya kembali ke Bumi untuk dipelajari pada awal 2030-an. Diharapkan dari penemuan ini, para ilmuwan di Bumi bisa mendapatkan informasi dari mineral yang dikandung Olivin untuk ilmu pengetahuan di masa depan. (Baca juga; Robot Penjelajah Mars Difoto dari Udara Oleh Helikopter Ingenuity )

NASA tidak merinci hipotesis Olivin yang ditemukan beredar, tetapi diharapkan banyak informasi baru yang diperoleh dari analisis para peneliti. "Sampel terbaru berasal dari batu yang sarat dengan mineral Olivin kehijauan," cuit wahana penjelajah Mars Perseverance @NASAPersevere dikutip laman cnet, Kamis (18/11/2021).

Batuan Olivin yang menarik telah ditemukan di beberapa tempat luar angkasa. Misi Dawn NASA secara tak terduga melihat mineral Olivin di kawah di asteroid raksasa Vesta. Penjelajah Curiosity, yang sedang menjelajahi wilayah lain Mars, menemukan "sidik jari" Olivin dalam sampel tanah Mars. (Baca juga; Robot Penjelajah Mars NASA Mulai Aktifkan Sensor Angin )

Penjelajah Perseverance pertama-tama menghabiskan beberapa waktu untuk menyelidiki batuan berlapis yang diambil sampelnya dengan mengikis permukaan dan memeriksa apa yang ada di bawahnya. Perseverance memiliki jumlah tabung sampel yang terbatas, sehingga tim memilih batuan yang menarik untuk koleksi.