Lebih Murah, Yodium Akan Dipakai untuk Roket Pesawat Luar Angkasa

Rabu, 24 November 2021 - 09:25 WIB
loading...
Lebih Murah, Yodium Akan Dipakai untuk Roket Pesawat Luar Angkasa
ThrustMe berhasil melakukan uji coba terhadap penggunaan yodium untuk mendorong roket ke luar angkasa. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Sebuah perusahaan teknologi roket ThrustMe berhasil melakukan uji coba terhadap penggunaan yodium untuk mendorong roket ke luar angkasa. Bahan yodium dinilai paling efisien dibanding xenon dan kripto yang saat ini digunakan sebagai bahan bakar roket.

Dikutip dari IFL Science, Selasa (23/11/2021), penggunaan yodium telah diusulkan selama 50 tahun sebagai propelan yang lebih cocok daripada xenon dan kripton yang saat ini digunakan. Demonstrasi pertama yang sukses dari perusahaan Prancis ThrustMe dari pendorong yodium di luar angkasa telah dilaporkan di Nature.

Percobaan berlangsung setahun yang lalu ketika satelit CubeSat seberat 20 kilogram meningkatkan ketinggiannya 200-400 meter (656-1.312 kaki) pada masing-masing dari 11 tembakan.

BACA: Sampah Luar Angkasa Siap Diolah Jadi Bahan Bakar Roket



Propelan dari yodium belum memberikan tenaga yang kuat untuk memungkinkan pesawat lepas landas. Namun, begitu berada di luar angkasa , mereka jauh lebih efisien daripada roket untuk melakukan penyesuaian dan juga telah digunakan untuk peningkatan kecepatan yang lambat seperti pada misi eksplorasi asteroid.

Xenon saat ini merupakan propelan yang dominan, sebagian karena energi ionisasinya yang rendah. Namun xenon terlalu mahal dan perlu disimpan dalam tangki bertekanan tinggi.

Yodium memiliki energi ionisasi yang lebih rendah daripada xenon. Zat ini juga dapat disimpan dalam bentuk padat dan diubah menjadi gas hanya dengan sedikit pemanasan.

Banyak ilmuwan telah memperhatikan potensi yodium dan mempelajari kepraktisannya di Bumi. Sayangnya, yodium sangat reaktif, menimbulkan ancaman bagi bagian logam dalam pendorong dan, bila disimpan sebagai padatan, cenderung pecah dengan dapat mengganggu alirannya roketnya.

BACA JUGA: Kapal Listrik Otonom Pengangkut Kargo Akan Berlayar di Norwegia
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA