Manusia Perlu Reaktor Fisi Nuklir Jika Ingin Menghuni Planet Mars

Jum'at, 26 November 2021 - 16:02 WIB
loading...
Manusia Perlu Reaktor Fisi Nuklir Jika Ingin Menghuni Planet Mars
Ternyata Mars bisa dihuni oleh manusia dengan syarat harus menciptakan sendiri medan magnet planetnya. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Manusia telah lama melakukan eksplorasi sejumlah planet yang bisa dihuni manusia, salahsatunya adalah planet terdekat Mars. Ternyata planet Mars bisa dihuni oleh manusia dengan syarat harus menciptakan sendiri medan magnet planet.

Dalam penelitian yang di publikasi di Arxiv, peneliti mengatakan Mars tidak memiliki medan magnet seperti di bumi sehingga manusia harus menciptakannya jika ingin membangun koloni di planet merah tersebut.

"Penelitian ini termasuk masalah yang menentukan desain, di mana menempatkan generator medan magnet dan kemungkinan strategi konstruksi," tulis para peneliti seperti dikutip India Times, Jumat (26/11/2021).



Untuk mencapai terraforming agar Mars bisa dihuni manusia, terlebih dahulu harus meningkatkan tekanan atmosfer di atas batas Armstrong. Ini adalah ambang batas yang memungkinkan manusia untuk bertahan hidup tanpa setelan tekanan.

Menurut para ilmuwan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya. Mulai dengan membuat lingkaran magnet padat yang berkesinambungan atau menggunakan rantai sumber yang digabungkan dengan sinar yang dikendalikan atau torus plasma.

"Cara ini tidak mudah karena diperlukan energi sanat besar setara 10 hingga 17 joule, ini setara debfab energi yang dikonsumsi manusia di bumi," kata peneliti.



Jika ingin menggunakan cara ini, berarti manusia harus membangun reaktor fisi nuklir sebagai sumber listrik, sesuatu yang bagaimanapun juga diperlukan untuk kolonisasi, menurut para ilmuwan.

Menurut peneliti, dengan era baru eksplorasi ruang angkasa yang sedang berlangsung, inilah saatnya untuk mulai memikirkan konsep masa depan yang baru.

"Prinsip-prinsip yang dieksplorasi di sini juga berlaku untuk objek skala kecil seperti pesawat ruang angkasa berawak, stasiun ruang angkasa atau pangkalan bulan, yang akan mendapat manfaat dari penciptaan magnetosfer mini pelindung ini," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3452 seconds (0.1#10.140)