Minggu, 28 November 2021 - 17:36 WIB
5 Hewan Langka yang Harus Kamu Lihat Sebelum Punah
Panda Merah merupakan salah satu satwa yang hampir punah karena habitatnya menyusut. Foto/discovermagazine
PERSATUAN Internasional untuk Konservasi Alam atau International Union for Conservation of Nature (IUCN) menyebutkan ada 16.306 spesies yang terancam punah, termasuk hewan dan tumbuhan. Satu dari delapan burung, satu dari empat mamalia, dan sepertiga amfibi terancam puna h.

Berikut lima hewan langka yang perlu kamu lihat sebelum punah, dirangkum laman discovermagazine dan dikutip SINDOnews;

1. Penyu Belimbing
5 Hewan Langka yang Harus Kamu Lihat Sebelum Punah

Penyu Belimbing merupakan penyu terbesar di Bumi dan beratnya bisa mencapai 2.200 kilogram. Penyu Belimbing satu-satunya jenis kura-kura yang tidak memiliki cangkang keras.

Penyu Belimbing dapat berenang sejauh 10.000 mil setiap tahun untuk sampai ke tempat bertelur. Dengan keterampilan menyelam yang luar biasa, Penyu Belimbing mampu menyelam hampir 4.000 kaki dan bertahan di bawah air lebih dari satu jam.

Namun, saat ini jumlah Penyu Belimbing merosot tajam. Mereka menjadi terancam punah karena berbagai masalah, termasuk polusi laut, hilangnya habitat tempat tinggalnya, dan perubahan iklim. (Baca juga; Sensasi Berenang Bersama Penyu di Danau Moko Kabupaten Muna )

2. Orangutan
5 Hewan Langka yang Harus Kamu Lihat Sebelum Punah

Orangutan banyak ditemukan di hutan hujan Kalimantan dan Sumatera. Orangutan memiliki 97 persen DNA mirip manusia dan sangat cerdas, kemampuan menggunakan alat, membuat konsep, memahami orang lain, dan belajar bahasa isyarat. (Baca juga; Langka, Orangutan Kalimantan Terekam Memakan Kukang )

Namun, orangutan kehilangan habitatnya karena deforestasi, terutama karena pembukaan hutan untuk perkebunan dan perburuan. Orangutan memiliki hubungan dekat dengan keturunannya, dengan bayi yang disusui sampai berusia enam tahun. Orangutan punya rentang waktu lama untuk melahirkan satu anak, sekitar delapan tahun sekali.

3. Panda Merah
5 Hewan Langka yang Harus Kamu Lihat Sebelum Punah

Meskipun memiliki nama yang sama, Panda Merah tidak terkait erat dengan Panda raksasa yang lebih dikenal. Sebab, Panda raksasa termasuk keluarga beruang. Panda Merah adalah satu-satunya anggota keluarga Ailuridae dan ditemukan di pegunungan di kawasan hutan tinggi di Asia.

Panda Merah pertama kali dideskripsikan pada tahun 1825 dengan nama “ailurus” berarti “kucing berwarna api”. Nama itu diberikan oleh ahli zoologi Prancis Frederic Cuvier, yang mengagumi kecantikan warnanya.

Meskipun Panda Merah dan Panda raksasa menkonsumsi bambu sebagai sumber makanan utamanya, Panda Merah hanya memakan ujung dan daun pucuknya. Sedangkan Panda raksasa memakan seluruh bagiannya.