Gerhana Matahari Total Siang Ini, Begini Cara Melihatnya

Sabtu, 04 Desember 2021 - 09:29 WIB
loading...
Gerhana Matahari Total Siang Ini, Begini Cara Melihatnya
Gerhana matahari total akan terjadi pada Sabtu (4/12/2021) siang ini dan akan terlihat di beberapa wilayah di dunia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Gerhana matahari total akan terjadi pada Sabtu (4/12/2021) siang ini dan akan terlihat di beberapa wilayah di dunia. Sayangnya, tak satupun wilayah Indonesia yang akan mengalami fenomena astronomi ini.

Menurut Newsweek, satu-satunya tempat yang paling baik melihat gerhana matahari total ini ini adalah di Antartika. Ini karena wilayah kutub tersebut tepat berada di Umbra bulan.

BACA: Gerhana Matahari Total di Akhir Tahun 2021, Dimana Saja Bisa Terlihat?

Sedangkan wilayah lain seperti Afrika Selatan, Namibia, ujung selatan Amerika Selatan dan beberapa pulau di Atlantik Selatan hanya dapat melihat gerhana matahari parsial.

Di Afrika Selatan, Namibia, dan Australia bagian selatan hanya melihat gerhana denan lebar sekitar 10%. Sedangkan lebar gerhana 10-40% dari diameter matahari akan terlihat di Kepulauan Malvinas dan Kepulauan Tierra del Fuego.

BACA JUGA: Tidak Pakai Repot, Ini 3 Cara Unduh Lagu di Spotify

Untuk wilayah Gerorgia Selatan dan Kepulauan Sanwich selatan, gerhana akan terlihat lebih baik sekitar 93-97%.

Bagi astronom Indonesia yang ingin melihat langsung fenomena ini bisa dilakukan melalui tayangan YouTube NASA di nasa.gov/live mulai pukul 1:30 pagi ET. Namun siaran langsung ini juga tergantung dengan kondisi cuaca di sekitar satelit NASA.

“NASA akan mengadakan siaran langsung, jika cuaca memungkinkan,” tulis laman Newsweek.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0980 seconds (10.177#12.26)