Gerhana Matahari Total Siang Ini, Begini Cara Melihatnya

Sabtu, 04 Desember 2021 - 09:29 WIB
loading...
Gerhana Matahari Total Siang Ini, Begini Cara Melihatnya
Gerhana matahari total akan terjadi pada Sabtu (4/12/2021) siang ini dan akan terlihat di beberapa wilayah di dunia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Gerhana matahari total akan terjadi pada Sabtu (4/12/2021) siang ini dan akan terlihat di beberapa wilayah di dunia. Sayangnya, tak satupun wilayah Indonesia yang akan mengalami fenomena astronomi ini.

Menurut Newsweek, satu-satunya tempat yang paling baik melihat gerhana matahari total ini ini adalah di Antartika. Ini karena wilayah kutub tersebut tepat berada di Umbra bulan.



Sedangkan wilayah lain seperti Afrika Selatan, Namibia, ujung selatan Amerika Selatan dan beberapa pulau di Atlantik Selatan hanya dapat melihat gerhana matahari parsial.

Di Afrika Selatan, Namibia, dan Australia bagian selatan hanya melihat gerhana denan lebar sekitar 10%. Sedangkan lebar gerhana 10-40% dari diameter matahari akan terlihat di Kepulauan Malvinas dan Kepulauan Tierra del Fuego.



Untuk wilayah Gerorgia Selatan dan Kepulauan Sanwich selatan, gerhana akan terlihat lebih baik sekitar 93-97%.

Bagi astronom Indonesia yang ingin melihat langsung fenomena ini bisa dilakukan melalui tayangan YouTube NASA di nasa.gov/live mulai pukul 1:30 pagi ET. Namun siaran langsung ini juga tergantung dengan kondisi cuaca di sekitar satelit NASA.

“NASA akan mengadakan siaran langsung, jika cuaca memungkinkan,” tulis laman Newsweek.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)