Inilah 10 Calon Penjelajah Bulan dan Mars Piilihan NASA

Selasa, 07 Desember 2021 - 23:02 WIB
loading...
Inilah 10 Calon Penjelajah Bulan dan Mars Piilihan NASA
NASA pilih 10 calon astronot baru. FOTO/ IST
MENLO PARK - NASA memilih 10 orang astronot baru yang akan diterbangkan ke bulan dan Mars di masa depan. Badan antariksa itu memperkenalkan enam pria dan empat wanita selama acara di Houston, markas bagi Mission Control dan korps astronot.

Diketahui lebih dari 12.000 orang yang melamar untuk posisi tersebut, namun hanya 10 yang dipilih.

BACA JUGA - Mahasiswa Termuda di Dunia, Ada yang Bekerja di NASA

"Hari ini, kami menyambut 10 penjelajah baru - 10 anggota generasi Artemis," kata administrator NASA Bill Nelson.

Adapun nama-nama calon astronot tersebut yaitu Nicole Ayers, Marcos Berrio, Christina Birch, Deniz Burnham, Luke Delaney, Andre Douglas, Jack Hathaway, Anil Menon, Christopher Williams dan Jessica Wittner.



Mereka rata-rata berusia 30-an dan 40-an dan datang dari berbagai profesi, mulai dari pilot tempur, fisikawan medis, spesialis pengeboran, ahli robot maritim, ahli bedah penerbangan dan bioengineer.

Kandidat astronot akan mengikuti pelatihan selama dua tahun sebelum memenuhi syarat untuk penerbangan luar angkasa.

Pelatihan kandidat astronot dibagi menjadi lima kategori utama yakni mengoperasikan dan memelihara sistem kompleks Stasiun Luar Angkasa Internasional, pelatihan untuk perjalanan luar angkasa, mengembangkan keterampilan robotika yang kompleks, mengoperasikan jet pelatihan T-38 dengan aman, dan keterampilan bahasa Rusia.

Mengutip laman resmi NASA, Selasa (7/12/2021) Setelah selesai, mereka akan ditugaskan untuk misi yang melibatkan melakukan penelitian di stasiun luar angkasa.

Selain itu tugas lainnya yakni meluncurkan di pesawat ruang angkasa yang dibangun oleh perusahaan komersial, serta misi luar angkasa termasuk Bulan dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Orion NASA dan roket Sistem Peluncuran Luar Angkasa.

Mereka akan memasuki masa training bersama dengan dua astronot dari Uni Emirat Arab.
(wbs)
KOMENTAR ANDA