Ilmuwan: Batu Asteroid Ryugu Akan Ungkap Asal-usul Kehidupan

Selasa, 21 Desember 2021 - 08:31 WIB
Ilmuwan: Batu Asteroid Ryugu Akan Ungkap Asal-usul Kehidupan
Ilmuwan telah menentukan bahwa asteroid Ryugu yang mengorbit dekat Bumi adalah sisa-sisa murni dari pembentukan tata surya. Foto/JAXA
JAKARTA - Ilmuwan telah menentukan bahwa asteroid Ryugu yang mengorbit dekat Bumi adalah sisa-sisa murni dari pembentukan tata surya. Sampel asteroid dibawa oleh misi Hayabusa 2 Jepang yang diambil di Ryugu pada 22 Februari 2019 silam.

Ini adalah material pertama yang dibawa ke Bumi dari asteroid kaya karbon dan dapat mengungkapkan bagaimana sudut kosmik alam semesta kita terbentuk. Mineral organik dan terhidrasi yang terkunci di dalam asteroid ini juga dapat menjelaskan asal usul kehidupan.

"Beberapa dari sifat material Ryugu dekat dengan chondrites karbon yang kami miliki dalam koleksi kami, sementara beberapa jelas berbeda, yang cukup menarik," kata Cedric Pilorget, penulis utama studi kedua dan profesor di Universite Paris - Institut d'Astrophysique Spatiale Saclay di Prancis seperti dikutip CNN, Selasa (21/12/2021).

Pilorget mengatakan, sampel batuan dari Ryugu merupakan koleksi berharga yang dapat berkontribusi untuk meninjau kembali paradigma asal dan evolusi Tata Surya.

Sampel dari asteroid Ryugu memberi para peneliti kesempatan langka untuk mempelajari secara langsung sisa-sisa asal tata surya dan planet-planetnya. Itu karena mereka belum terkontaminasi jatuh melalui atmosfer bumi dan mendarat di permukaannya, seperti meteorit.

"Sebagai anggota tim misi, saya merasa sangat senang menangani dan menganalisis sampel asteroid tipe C pertama dengan tangan saya," kata Toru Yada, penulis utama studi dan peneliti senior asosiasi di Japan Aerospace Exploration Agency's Institute of Ilmu Luar Angkasa dan Astronautika.

Beberapa sampel telah dibagikan dengan tim peneliti lain dan lebih banyak temuan tentang Ryugu diharapkan segera. "Kami ingin membandingkan sampel Ryugu dengan sampel asteroid Bennu untuk melihat apa yang mirip dan apa yang berbeda di antara mereka," kata Yada.

Dalam studi kedua yang diterbitkan di Nature Astronomy, para peneliti menentukan bahwa Ryugu terbuat dari tanah liat dan mineral terhidrasi lainnya, dengan sejumlah karbonat dan organik di dalam sampel.