Rabu, 22 Desember 2021 - 13:02 WIB
6 Keunikan Bumi yang Patut Disyukuri, Nomor 3 Tak Dimiliki Planet Lain
Para ilmuwan telah menemukan ribuan planet dan dunia lain, tetapi tidak ada yang nyaman seperti Bumi. Foto/NASA/space
PARA ilmuwan telah menemukan ribuan planet dan dunia lain, tetapi tidak ada yang nyaman seperti planet Bumi . Hingga saat ini, tercatat para astronom telah menemukan hampir 5.000 exoplanet atau planet di luar tata surya .

Dari yang telah dipelajari para ilmuwan tentang berbagai planet, dilihat dari kombinasi beberapa faktor, Bumi tetap yang paling unik. Banyak tempat atau planet di galaksi yang diimpikan manusia untuk dikunjungi, tapi kondisinya tidak senyaman Bumi.

"Anda selalu mendengar bagaimana Mars mirip Bumi, tetapi jika Anda dibawa ke Mars, Anda tidak akan merasa bahagia sama sekali di sana. Ini tidak seperti Bumi," kata Don Brownlee, astronom di University of Washington, kepada Space.com dikutip SINDOnews, Rabu (22/12/2021). Berikut keunikan Bumi yang tidak dimiliki planet lain yang patut disyukuri;

1. Ukuran dan Lokasi
6 Keunikan Bumi yang Patut Disyukuri, Nomor 3 Tak Dimiliki Planet Lain

Bumi menjadi lingkungan yang sangat nyaman untuk makhluk hidup. Meskipun matahari mengalami siklus aktivitas 11 tahun, bintang ini tidak terlalu mengganggu Bumi. Selain itu, ukuran Bumi memungkinkan mempertahankan kandungan atmosfer yang berharga untuk kehidupan di dalamnya.

Bumi punya jarak yang nyaman dari matahari, mengorbit pada jarak rata-rata 92.955.807 mil (149.597.870 kilometer). Posisi ini memungkinkan Bumi untuk mampu menahan air tetap berada di permukaannya.

"Sebuah planet yang terlalu jauh (dengan matahari) akan dengan cepat membeku," kata Diana Valencia, ilmuwan planet University of Toronto Scarborough di Kanada. (Baca juga; Titik Balik Matahari Musim Dingin, Bikin Siang Jadi Lebih Pendek di Utara Bumi )

2. Tetangga yang Ramah
6 Keunikan Bumi yang Patut Disyukuri, Nomor 3 Tak Dimiliki Planet Lain

Kestabilan bumi juga dibentuk oleh keberadaan bulan yang posisinya bertetangga. Bulan menstabilkan rotasi Bumi, mencegah pergerakan kutub yang drastis sehingga menyebabkan perubahan iklim. Bulan juga membentuk kondisi di permukaan air yang dinamis dengan menciptakan pasang surut air laut.

Jupiter juga punya peran penting untuk ke stabilan Bumi, meskipun jaraknya sangat jauh. Dengan massanya yang besar, Jupiter bertindak sebagai semacam ruang hampa udara yang membersihkan puing-puing yang mengacaukan tata surya.

Bayangkan jika batu-batuan seukuran mobil dan sebesar bulan secara dramatis menghantam permukaan Bumi. (Baca juga; 6 Asteroid yang Melintas Dekat dan Mengancam Bumi Sepanjang 2021 )

3. Diselimuti Air
6 Keunikan Bumi yang Patut Disyukuri, Nomor 3 Tak Dimiliki Planet Lain

Mungkin fitur unik yang paling mencolok dari Bumi adalah lautannya yang luas, menutupi 70% permukaan planet ini. Bumi adalah satu-satunya dunia di tata surya yang punya air di permukaannya. Lautan yang luas adalah ciri utama yang membuat Bumi unik.