NASA Merekam Suara-suara Misterius di Bulan Terbesar Jupiter

Kamis, 23 Desember 2021 - 10:24 WIB
loading...
NASA Merekam Suara-suara Misterius di Bulan Terbesar Jupiter
Nasa merekam suara-suara aneh di Ganymede. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Sebuah pesawat ruang angkasa milik Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) telah merekam suara aneh yang berasal dari Ganymede, bulan terbesar planet Jupiter.

Seperti dilansir dari The Gurdian, Kamis (22/12/2021), rekaman audio berdurasi 50 detik diperoleh dari data yang dikumpulkan dari pesawat ruang angkasa Juno pada 7 Juni 2021 lalu

BACA JUGA - Tahun Depan, Siapapun Bisa Mendarat ke Luar Angkasa

Direktur Divisi Program Luar Angkasa dari Institut Penelitian Barat Daya di San Antonio dan juga seorang penyelidik untuk misi luar angkasa, Dr. Scott Bolton mengatakan, Anda dapat melihat perubahan di sekitar titik tengah frekuensi yang lebih tinggi di sekitar rekaman itu.

Itu adalah penerbangan terdekat yang pernah dilakukan pesawat ruang angkasa ke bulan sejak pesawat ruang angkasa Galileo milik NASA melakukan pendekatan jarak dekat kedua dari belakang pada Mei 2000.

''Soundtrack ini cukup liar untuk membuat Anda merasa seolah-olah sedang berkendara bersama saat Juno berlayar melewati Ganymede untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade,'' kata Penyelidik Utama Juno, Scott Bolton.

''Jika Anda mendengarkan dengan cermat, Anda dapat mendengar perubahan mendadak ke frekuensi yang lebih tinggi di sekitar titik tengah rekaman, yang menunjukkan masuknya wilayah berbeda di magnetosfer Ganymede.'

Analisis rinci dan pemodelan data dari Waves masih berlangsung untuk menguraikan beberapa suara misterius.

“Ada kemungkinan perubahan frekuensi tak lama setelah pendekatan terdekat disebabkan oleh perpindahan dari sisi malam ke siang hari di Ganymede,” kata William Kurth dari University of Iowa, rekan penyelidik untuk investigasi Gelombang.

Ini adalah pesawat ruang angkasa pertama yang mengintip di bawah penutup awan tebal untuk menjawab pertanyaan tentang raksasa gas dan asal usul tata surya kita.

Sebelumnya direncanakan untuk terjun ke Jupiter setelah menyelesaikan orbitnya yang ke-35 dan terakhir pada 30 Juli 2021, kini misi Juno diperpanjang hingga 2025.

Misi barunya akan melihatnya melakukan terbang lintas dekat tiga bulan terbesar Jupiter.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1903 seconds (10.101#12.26)