Canggih, Jepang Ciptakan Layar TV yang Bisa Dijilat dan Dirasakan

Jum'at, 24 Desember 2021 - 15:06 WIB
loading...
Canggih, Jepang Ciptakan Layar TV yang Bisa Dijilat dan Dirasakan
Sebuah prototipe layar TV yang dapat dijilat dan dapat meniru rasa makanan telah dikembangkan oleh seorang profesor Jepang. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Sebuah prototipe layar TV yang dapat dijilat dan dapat meniru rasa makanan telah dikembangkan oleh seorang profesor Jepang. Dijuluki Taste-the-TV, ada 10 cannister yang menyemprotkan rasa ke layar televisi yang bisa dijilat pemirsa.

Profesor Homei Miyashita dari Universitas Meiji, menyarankan televisi itu bisa digunakan untuk melatih koki atau sommelier dari jarak jauh. Jika dibuat secara komersial, TV tersebut akan berharga USD875 atau setara Rp12,4 jutaan.



"Tujuan kami menciptakan teknologi ini untuk memungkinkan orang mendapatkan pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah," katanya kepada Reuters, Jumat (24/12/2021).

Profesor Miyashita dilaporkan dalam pembicaraan dengan produsen tentang kemungkinan aplikasi lain dari teknologi penyemprotan rasa, seperti menambahkan rasa ke roti panggang. Profesor membayangkan dunia "konten rasa" yang dapat diunduh.

Sebelumnya, Prof Miyashita dan murid-muridnya telah menghasilkan berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa, termasuk garpu yang membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat.



Jurnalis diperlihatkan demonstrasi perangkat oleh seorang siswa. Dia memberi tahu mesin itu bahwa dirinya menginginkan cokelat manis. Setelah beberapa kali mencoba pesanan itu disemprotkan ke layar plastik untuk dia cicipi. "Ini seperti cokelat susu," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)