Mitos atau Fakta, Mengenal Monster-monster di Danau Rusia

Kamis, 06 Januari 2022 - 13:11 WIB
loading...
Mitos atau Fakta, Mengenal Monster-monster di Danau Rusia
Ilustrasi Iblis Labynkyr di Danau Labynkyr yang diyakini memiliki kesamaan dengan Nessie di Danau Loch Ness. Foto/RBTH.
A A A
RUSIA - Mitos atau fakta, ternyata danau-danau di Rusia menyimpan misteri yang sangat mengerikan yakni hadirnya monster-monster di dalam danau. Baru-baru ini Igor Rozin penulis Russia Beyond The Headline merilis nama-nama monster yang diyakini bersembunyi di kedalaman danau-danau yang ada di Rusia.

"Danau-danau di Rusia penuh dengan monster-monster yang sangat aneh. Jauh lebih mengerikan dengan monster yang ada di danau Skotlandia," tulis Igor Rozin.

Yang dimaksud Igor Rozin monster di danau Skotlandia tidak lain dan tidak bukan adalah Nessie sang Monster Loch Ness yang diyakini bersemayam di kedalaman danau Loch Ness, Skotlandia.

Disebut-sebut Monster Loch Ness memiliki profil yang menyeramkan. Nessie kerap digambarkan memiliki tubuh besar seperti dinosaurus, leher panjang, dengan satu atau dua punuk yang menonjol dari air.



Dengan klaim bentuk yang sangat fantastis itu tentu banyak yang menggambarkan Nessie adalah monster yang sangat menyeramkan. Tapi hal itu menurut Igor Rozin masih tidak seberapa karena monster-monster yang ada di kedalaman danau-danau Rusia justru lebih mengerikan. Nah, berikut ini monster-monster danau Rusia versi Igor Rozin yang ditulis di Russia Beyond The Headlines, cermati:

1. Iblis Labynkyr di Danau Labynkyr
Mitos atau Fakta, Mengenal Monster-monster di Danau Rusia


Iblis Labynkyr di Danau Labynkyr diyakini memiliki kesamaan dengan Nessie di Danau Loch Ness. Suku asli di wilayah itu, Yakuts dan Evenk mendeskripsikan Iblis Labynkyr seperti dinosaurus air dalam yang agresif dengan gigi yang supertajam.

Danau Labynkyr makin melanggengkan mitos tersebut karena lokasinya yang terisolasi. Wilayah yang berpenghuni manusia jaraknya 150 kilometer dari danau itu. Banyak yang meduga Iblis Labynkyr hanyalah mitos belaka.

Satu-satunya pengakuan orang yang pernah bertemu dengan monster itu adalah Viktor Tverdokhlebov yang kala itu melakukan ekspedisi geologi di wilayah Labynkyr pada 1953. "Monster itu bergerak dengan cara unik di sepanjang danau. Dia kemudian mendekati kami dan naik sedikit ke atas permukaan danau. Makhluk itu memiliki mata binatang dan sesuatu seperti tongkat yang menonjol dari tubuhnya," kenang Viktor Tverdokhlebov.

Sejak pengakuan itu Danau Labynkyr langsung jadi objek penelitian. Hanya saja setelah itu tidak ada satu pun yang berhasil bertemu lagi dengan Iblis Labynkyr. Hanya saja penelitian tidak sia-sia. Mereka justru menemukan keunikan lain dari danau itu karena terdapat retakan dan patahan abnormal ditemukan pada kedalaman 70-80 meter.

Danau itu juga memiliki gua dan terowongan yang diyakni terkoneksi dengan danau lain. Selain itu meski suhu ekstrem kerap terjadi di sekitaran Labynkyr, seperti minus 50 derajat celciius, danau Labynkyr justru sangat lambat membeku.

2. Naga Danau Brosno
Mitos atau Fakta, Mengenal Monster-monster di Danau Rusia


Mitos Naga Danau Brosno yang ada di wilayah Tver, Rusia sudah beredar sejak 8 abad yang lalu. Salah satu kisah menyebutkan Naga Danau Brosno muncul dari kedalaman danau ketika menyelamatkan kota Veliky Novgorod dari invasi pasukan Mongol yang dipimpin oleh Batu Khan.

Saat hendak menyerbu Veliky Novgorod, pasukan Batu Khan beristirahat di danau Brosno. Saat itu mereka dan kuda-kuda yang mereka bawa minum air di Danau Brosno. Tiba-tiba saja Naga Danau Brosno keluar dari danau dan membantai seluruh pasukan dan kuda-kuda pasukan Mongol.

Batu Khan yang selamat kemudian menganggap peristiwa itu sebagai tanda buruk. Dia kemudian batal menyerang Veliky Novgorod dan kembali ke Mongol.

Mitos Naga Brosno itu bertahan hingga hari ini. Warga sekita menamai naga itu Brossie agar mirip dengan Nessie dari Danau Loch Ness di Skotlandia. Kebetulan juga di Danau Brosno banyak perahu yang kerap terbalik. Begitu juga ternak dan anjing yang menghilang di sekitaran danau.

Para ahli sendiri memiliki penjelasan logis untuk legenda Brossie. Menurut mereka hidrat hidrogen sulfida terakumulasi di bawah dasar danau, yang secara berkala naik ke permukaan, membuat danau kerap menggelegak dan meledak. Itulah yang membuat banyak perahu terbalik ketika berada di Danau Brosno.

3. Monster Danau Chany
Mitos atau Fakta, Mengenal Monster-monster di Danau Rusia


Danau Chany adalah salah satu danau terbesar di Rusia. Siapa sangka danau itu menyimpan mitos hadirnya seekor monster. Sosok monster itu digambarkan memiliki leher memanjang, ekor panjang dan sirip punggung besar.

Penduduk setempat bersikeras bahwa dalam tiga tahun sebelumnya telah menewaskan tidak kurang dari 19 orang. Monster itu dikabarkan telah menyerang perahu nelayan, menyeret mereka yang ada di dalamnya ke dasar danau. Mayat yang diambil diduga memiliki bekas gigitan yang ditimbulkan oleh makhluk dengan gigi besar.

“Saya telah tinggal di dekat Chany selama 80 tahun, dan lusinan orang menghilang di danau ini setiap tahun,” Nina Doronina, seorang penduduk desa Kvashnino, mengatakan kepada Life News pada 2010.

Danau Chany yang tenang itu memang ternyata menyeramkan karena banyaknya orang yang kehilangan nyawa. Salah satu yang mengagetkan adalah empat turis dari kota Belovo yang meninggal karena ada yang menabrak perahu motor mereka dari bawah hingga terbalik.

Faktanya, pihak berwenang Novosibirsk tidak pernah menemukan bekas gigi atau jejak kekerasan lainnya pada mayat korban. Mereka menyimpulkan bahwa kematian mereka adalah kecelakaan biasa yang terjadi di danau. Seperti diduga, masyarakat setempat menolak kesimpulan itu dan lebih percaya pada mitos monster danau Chany.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)