Fosil Naga Laut Terlengkap dan Terbesar Ditemukan di Waduk Rutland Inggris

Senin, 10 Januari 2022 - 10:46 WIB
loading...
Fosil Naga Laut Terlengkap dan Terbesar Ditemukan di Waduk Rutland Inggris
Fosil kerangka Ichthyosaurus terbesar dan terlengkap berusia sekitar 180 juta tahun ditemukan di waduk Rutland, Inggris. Foto/inews.co.uk/Matthew Power Photography
A A A
OAKHAM - Fosil kerangka Ichthyosaurus terbesar dan terlengkap berusia sekitar 180 juta tahun ditemukan di waduk Rutland, Inggris Sisa-sisa fosil Ichthyosaurus atau lebih dikenal dengan naga laut, yang ditemukan memiliki ukuran panjang 10 meter.

Penemuan Naga Laut di Rutland Water Nature Reserve ini mengejutkan para ahli karena dinilai sebagai penemuan paleontologis yang sangat signifikan dan belum pernah terjadi sebelumnya. Sisa-sisa fosil ini ditemukan secara kebetulan selama dilakukan pengeringan rutin waduk Rutland.

Fosil yang ditemukan berukuran sekitar 10 meter, lebih panjang dari bus tingkat, dan dengan tengkorak seberat sekitar satu ton. Penggalian kerangka rapuh itu membutuhkan waktu dua bulan oleh tim paleontologi pada musim panas lalu. (Baca juga; Ikan Mola-Mola Raksasa Seberat 2.000 Kilogram Berjemur di Pantai Laguna California )

“Meskipun banyak fosil Ichthyosaurus ditemukan di Inggris, penemuan ini sangat luar biasa. Ini adalah kerangka Ichthyosaurus Rutland terbesar yang pernah ditemukan di Inggris. Ini adalah penemuan yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dan salah satu penemuan terbesar dalam sejarah paleontologi Inggris,” kata Dr Lomax seorang paleontologi Inggris dikutip SINDOnews dari laman inews.co.uk, Senin (10/1/2021).
Fosil Naga Laut Terlengkap dan Terbesar Ditemukan di Waduk Rutland Inggris

Ichthyosaurus adalah reptil laut yang menyerupai lumba-lumba.

Fosil ini pertama kali ditemukan Joe Davies dari Leicestershire and Rutland Wildlife Trust yang mengoperasikan reservoir dalam kemitraan dengan Anglian Water. "Penemuan ini benar-benar menarik dan menjadi sorotan nyata," katanya.

Fosil itu akan ditampilkan di program Digging for Britain BBC Two. Anglian Water mengatakan sedang mencari dana untuk melestarikan fosil dan memungkinkan publik untuk melihatnya di situs di Rutland. (Baca juga; Hiu Greenland, Raksasa Laut Beracun yang Bisa Hidup Sampai 500 Tahun )

“Kami menyadari pentingnya penemuan seperti ini bagi masyarakat lokal di Rutland. Fokus kami sekarang adalah mengamankan pendanaan yang tepat untuk menjamin warisannya akan bertahan di masa depan,” kata CEO Anglian Water Peter Simpson.
Fosil Naga Laut Terlengkap dan Terbesar Ditemukan di Waduk Rutland Inggris


Ini bukan pertama kalinya fosil kerangka Ichthyosaurus ditemukan di reservoir di Rutland ini. Dua kerangka Ichthyosaurus yang tidak lengkap dan jauh lebih kecil pernah ditemukan selama konstruksi waduk pada 1970-an.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)