Asteroid Raksasa Berukuran 2 Kali Gedung Empire State Meluncur Dekati Bumi

Rabu, 12 Januari 2022 - 10:12 WIB
Asteroid Raksasa Berukuran 2 Kali Gedung Empire State Meluncur Dekati Bumi
Asteroid yang diberi nama Asteroid 7498 (1994 PC1) melintasi Bumi pada tanggal 18 Januari 2022 dalam jarak 1,2 juta mil dari Bumi atau setara 5 kali jarak Bumi-Bulan. Foto/bgr/Mopic/Adobe
SATU asteroid raksasa dengan ukuran lebar lebih dari 1.066,8 meter (3.500 kaki) meluncur mendekati Bumi. Namun jangan khawatir, asteroid yang ukurannya 2,5 kali tinggi Empire State Building New York tidak menghantam Bumi.

Dikutip SINDOnews dari laman bgr, Rabu (12/1/2021), asteroid yang diberi nama Asteroid 7498 (1994 PC1) melintasi Bumi pada tanggal 18 Januari 2022 dalam jarak 1,2 juta mil dari Bumi atau setara 5 kali jarak Bumi-Bulan. Meskipun ukurannya masif, Asteroid 7498 (1994 PC1) tidak akan menimbulkan masalah.

Karena jaraknya jauh dari Bumi, peluang melihat asteroid raksasa ini dengan mata telanjang sangat tipis. Diperlukan teleskop kecil untuk bisa melihat Asteroid 7498 ketika melintas dekat Bumi. Tetap harus mengarahkan teleskop itu ke arah dan waktu yang tepat. (Baca juga; 6 Asteroid yang Melintas Dekat dan Mengancam Bumi Sepanjang 2021 )

Asteroid raksasa ini pertama kali ditemukan oleh Robert McNaught pada Agustus 1994. McNaught dikaitkan dengan penemuan itu, tetapi astronom lain sebelumnya mengamati asteroid tersebut. Para astronom menemukan bahwa objek tersebut bergerak dengan kecepatan sekitar 43.754 mil per jam relatif terhadap Bumi.

Mereka kemudian dapat menggunakan data yang dikumpulkan selama 47 tahun untuk menentukan orbit yang tepat. Seperti disebutkan di atas, Asteroid 7482 akan melewati Bumi dari dekat akhir bulan ini. Namun, jarak itu tidak akan sedekat itu dalam beberapa ratus tahun ke depan. (Baca juga; Terungkap, Dampak Asteroid Pemusnah Dinosaurus Ciptakan Hutan Hujan di Amerika Selatan )

Karena itu, setiap astronom pemula yang ingin melihatnya mengambil kesempatan untuk mengamatinya saat melintas di langit malam pada 18 dan 19 Januari, tergantung pada zona waktu Anda. Tentu saja, ini bukan pertama (atau terakhir) asteroid mendekati Bumi, jadi astronom muda juga harus memiliki peluang lain di masa depan.