Terungkap, Dampak Asteroid Pemusnah Dinosaurus Ciptakan Hutan Hujan di Amerika Selatan

Kamis, 30 Desember 2021 - 14:07 WIB
Tumbukan asteroid yang memusnahkan dinosaurus ternyata memberikan dampak positif dengan menciptakan hutan hujan di wilayah Amerika Selatan. Foto/Discovermagazine
TUMBUKAN asteroid yang memusnahkan dinosaurus ternyata memberikan dampak positif dengan menciptakan hutan hujan di wilayah Amerika Selatan. Kesimpulan ini disampaikan para ilmuwan yang mengumpulkan puluhan ribu fosil tanaman di seluruh Kolombia , menemukan sisa asteroid yang sama penyebab dinosaurus musnah.

Penelitian baru menunjukkan bahwa dampak asteroid Chicxulub yang memusnahkan dinosaurus, menciptakan hutan hujan neotropis modern seperti Amazon. Studi Science yang diterbitkan pada bulan April mengungkapkan, puluhan ribu fosil tumbuhan dan serbuk sari yang dikumpulkan dari bebatuan di seluruh Kolombia telah mengungkapkan tumbukan yang terjadi 66 juta tahun yang lalu menyebabkan perubahan drastis dalam keanekaragaman tumbuhan hutan hujan.

“Mengejutkan bahwa hutan hujan neotropis yang kita lihat hari ini adalah produk sampingan dari satu kecelakaan sejarah,” kata Carlos Jaramillo, ahli paleopalinologi yang mempelajari tanaman purba di Smithsonian Tropical Research Institute, dikutip SINDOnews dari laman discovermagazine, Kamis (30/12/2021). (Baca juga; Simpan Ratusan Tarantula di Koper, 2 Warga Jerman Ditangkap Petugas Bandara Kolombia )

Pemimpin penelitian ini dan ahli paleobotani Smithsonian Tropical Research Institute, Mónica Carvalho menemukan bahwa serangan asteroid memusnahkan 45 persen spesies tanaman di tempat yang sekarang menjadi hutan hujan neotropis. Selama Zaman Kapur, hutan di wilayah tersebut berkanopi terbuka, artinya tanah terbuka ke langit.

“Tumbuhan yang ditemukan di hutan ini merupakan campuran dari paku-pakuan, tumbuhan runjung dan tumbuhan berbunga. Habitat ini mungkin telah dipertahankan, sebagian, oleh dinosaurus besar pemakan tumbuhan yang menginjak-injak atau memakan tumbuhan bawah,” ujarnya. (Baca juga; Ramalan Kiamat Nostradamus, Bumi Akan Dihantam Asteroid Tahun Depan )

Carvalho menambahkan, selama jutaan tahun setelah tumbukan, hutan baru dengan kanopi tertutup perlahan muncul.Tanaman yang tumbuh subur adalah tanaman berbunga, dengan lebih sedikit tumbuhan runjung dan pakis. Para ilmuwan berspekulasi abu dari tabrakan jatuh kembali ke tanah ribuan mil jauhnya dan memperkaya unsur hara pada tanah.

Studi ini bukan satu-satunya yang menunjukkan bagaimana dampak asteroid Chicxulub berdampak di seluruh planet Bumi. Dampak tabrakan asteroid juga menyebabkan mekarnya ganggang laut secara besar-besaran karena mendapatkan nutrisi dari debu asteroid yang jatuh ke dalam laut.

, menurut studi lain tahun 2021 yang diterbitkan pada bulan Juni di Geophysical Research Letters. Studi-studi ini menunjukkan bahwa kepunahan yang meluas bukanlah satu-satunya hasil dari bencana yang mengguncang Bumi.