Serba-serbi Matahari Buatan China, Nomor 4 Ada Matahari Buatan Lainnya 

Kamis, 13 Januari 2022 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Singkatnya Tokamak adalah reaktor fusi pertama yang memang pertama kali dibuat oleh ilmuwan Rusia. Nah, torus itu berbentuk bulatan. Jadi tidak heran jika akhirnya orang lebih banyak mengenal proyek ilmiah ini sebagai proyek matahari buatan. Pertama dari upaya meniru reaksi fusi di matahari dan juga bentuk tokamak yang bulat.

3. Suhu Panas Terkurung Dalam Plasma Tokamak
Serba-serbi Matahari Buatan China, Nomor 4 Ada Matahari Buatan Lainnya 


Suhu superekstrem dari matahari panas buatan tentu saja bisa melelehkan apa saja. Hanya saja dari situlah ilmuwan membuat plasma tokamak. Ruangan itu mengurung seluruh energi yang dibuat berikut suhu superekstrem yang dihasilkan.

Dalam plasma tokamak juga terdapat medan magnet yang sangat besar. Tujuannya mengendalikan hasil proses fusi yang dihasilkan di dalam plasma tokamak. Jadi seluruh suhu superekstrem dan energi yang terbentuk tetap bisa dikendalikan.

4. Matahari Buatan Lainnya
Serba-serbi Matahari Buatan China, Nomor 4 Ada Matahari Buatan Lainnya 


Matahari buatan ternyata tidak hanya dibuat China saja. Keinginan untuk mendapatkan energi bersih dengan meniru proses fusi matahari merupakan keinginan bersama negara-negara dunia. Dari sanalah kemudian didirikan International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER).

Negara-negara yang bergabung dalam ITER kemudian berupaya mengakselerasi misi itu dengan membangun tokamak masing-masing. Di Prancis ada WEST dulunya dikenal dengan nama Tore Supra dan di China ada EAST.

Penamaan itu secara filosofis menggambarkan bahwa negara-negara di dunia dari barat (west) sampai ke timur (east) sangat serius menghadirkan energi terbersih yang dihasilkan dari bumi.

Saat ini WEST dan EAST sendiri sudah berhasil menghasilkan matahari buatan dengan suhu yang lebih besar dari suhu matahari yang asli. Nantinya seluruh hasil itu kemudian akan dibawa ke ITER untuk disempurnakan lagi.

5. Matahari Buatan ITER
Serba-serbi Matahari Buatan China, Nomor 4 Ada Matahari Buatan Lainnya 
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)