Fosil Naga Laut dalam Keadaan Utuh Ditemukan di Midlands

Kamis, 13 Januari 2022 - 08:22 WIB
Fosil Naga Laut dalam Keadaan Utuh Ditemukan di Midlands
Fosil Ichthyosaurus adalah reptilia, diyakini telah ada sekitar 250 juta tahun yang lalu ditemukan. FOTO/ Metro
LONDON - Sekelompok ilmuwan menggambarkan penemuan fosil ' naga laut' di Midlands sebagai pencapaian terbaik dalam sejarah paleontologi Inggris.

Seperti dilansir dari Metro, fosil ichthyosaurus, diperkirakan berusia 180 juta tahun, ditemukan dengan kerangka sepanjang 10 meter dan tengkorak seberat satu ton.

Kerangka naga ini adalah fosil lengkap terbesar yang pernah ditemukan di Inggris.

Fosil tersebut ditemukan oleh Joe Davis dari Lercestershire saat melakukan pekerjaan untuk mengeringkan laguna di perairan Rutland pada Februari 2021.

Ichthyosaurus dijuluki naga laut karena memiliki gigi dan mata yang besar dan fosil pertama hewan purba ditemukan oleh ahli paleontologi Mary Anning pada awal abad ke-19.

Ahli paleontologi, dr. Deam Lomax mengatakan bahwa meskipun banyak fosil ichthyosaurus telah ditemukan di Inggris, penemuan fosil terbaru adalah yang paling menakjubkan.

Ichthyosaurus adalah reptilia, diyakini telah ada sekitar 250 juta tahun yang lalu dan telah punah sejak 90 juta tahun yang lalu.